Sukses

Tips Mudah Merawat Kebaya yang Harus Kamu Perhatikan

Kebaya saat ini tengah gencar dikampanyekan menjadi salah satu warisan budaya tak benda di organisasi UNESCO.

Liputan6.com, Bandung - Kebaya saat ini tengah gencar dikampanyekan menjadi salah satu warisan budaya tak benda di organisasi UNESCO. Kehadiran kebaya juga sebagai bentuk kebanggan warga Indonesia dengan pakaian khas budaya tersebut.

Saat ini, kebaya tidak hanya menjadi pakaian yang biasa digunakan dalam acara-acara formal saja. Namun juga bisa menjadi pakaian yang digunakan untuk OOTD yang bisa dibanggakan.

Beberapa anak sekolah juga mulai menggunakan kebaya di hari-hari tertentu seperti di sekolah di Bandung yang biasanya menggunakan kebaya Sunda setiap Kamis.

Adapun kebaya tertentu mempunyai perawatan yang sangat penting untuk diperhatikan terutama yang berbahan payet.

Di bawah ini adalah beberapa tips dalam mencuci kebaya yang bisa kamu ikuti untuk merawatnya dengan benar:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Perhatikan noda kotor yang sangat terlihat

Kebaya juga harus dilihat jenisnya. Jika ada noda kotor, bisa untuk difokuskan kepada noda tersebut.

Sehingga pembersihan bisa dilakukan dengan lebih ekstra terutama juga tipe jenis nodanya.

2. Hindari mencuci menggunakan mesin

Bahan-bahan dari kebaya terkadang sensitif terutama kebaya payet yang pembuatannya saja menggunakan tangan.

Maka dari itu, kebaya payet harus dicuci jangan menggunakan mesin cuci dan disarankan untuk menggunakan tangan secara manual.

3. Hindari deterjen berbahan kimia tinggi

Penggunaan deterjen juga harus diperhatikan karena ada beberapa bahan kimia yang bisa merusak tekstur dasar dari kebaya. Hal itu juga bisa mengubah bahan menjadi rusak bahkan teksturnya bisa membuat kebaya jadi tidak bisa digunakan kembali

3 dari 3 halaman

4. Jangan menyikat kebaya

Kebaya mempunyai bahan yang sedikit kasar dibandingkan bahan-bahan baju lainnya, terutama kebaya yang berpayet secara manual.

Tidak disarankan untuk disikat karena bisa merusak payet tersebut. Adapun jika ingin menghapus noda-noda yang mungkin bisa diusap secara perlahan menggunakan tangan atau mencari cara lain menghilangkan noda tersebut tanpa harus disikat.

5. Jangan dikeringkan menggunakan mesin cuci

Jika kebaya susah dicuci, tidak disarankan untuk mengeringkannya menggunakan mesin cuci. Hal itu bisa merusak tekstur dan bahan dari kebaya.

Adapun caranya bisa dengan dijemur. Namun perlu diperhatikan juga tempat jemurnya jangan sampai di bawah sinar matahari sebab bisa membuat warnanya menjadi cepat pudar disarankan dijemur di bawah tempat yang lebih teduh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.