Sukses

Daftar Rekomendasi Set Top Box Terbaik untuk Menyaksikan TV Digital, Cek Harganya

Program Analog Switch Off (ASO) saat ini sudah dalam tahap-tahap mematikan siaran TV analog.

Liputan6.com, Bandung - Siaran TV analog hari ini mulai bertahap dimatikan. Program Analog Switch Off (ASO) tersebut dilakukan di beberapa wilayah, bahkan beberapa sudah beralih kepada siaran TV digital.

Peralihan ke TV digital tersebut berdasarkan Undang-Undang No 11/2020 tentang Cipta Kerja di mana pemerintah mulai mengalihkan siaran televisi di wilayah Indonesia dari sistem analog kepada sistem digital pada 2 November 2022.

“Menuju layanan TV Analog dimatikan pada 2 November 2022. Pastikan kamu sudah memasang Set Top Box ya Sob!,” tulis keterangan Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam Instagram @kemenkominfo.

Dari informasi yang dihimpun, hitung mundur akan dilakukan pada 2 November 2022 malam. ASO sendiri akan dilakukan pada 2 November 2022 pukul 24.00 WIB.

"Tanggal 2 November yang akan ditutup, wilayah baru Jabodetabek, kemudian 32 kabupaten/kota dan 173 kabupaten/kota non-terestrial," tutur Staf Khusus Menkominfo, Rosarita Niken Widiastuti.

Dijelaskan lebih lanjut, wilayah yang besok belum melakukan ASO disebabkan karena pihak lembaga penyiaran belum selesai membagikan STB (Set Top Box).

Karena peralihan dari TV analog ke TV digital tersebut, para masyarakat disarankan harus sudah mempunyai STB untuk bisa menikmati siaran TV digital.

Berikut ada beberapa merek yang menjual beberapa Set Top Box seperti dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daftarnya

1. Polytron PDV600T2

Polytron mungkin tidak asing terdengar di telinga beberapa orang. Merek perusahaan elektronik ini juga menjual STB atau Set Top Box yang kualitasnya cukup baik dalam menangkap sinyal siaran TV. Adapun harga untuk STB yang disediakan Polytron yakni Polytron PDV600T2 sekitar Rp380.000.

2. Apple DVB T2

Merek yang satu ini merupakan STB yang harganya cukup ramah dikantong dan dibekali dengan kualitas yang cukup baik. Terdapat 2 output HDMI dan RCA. STB Apple DVB T2 ini bebas biaya bulanan dan harganya hanya Rp200.000

3. ZTE ZXV10 B760H

Set Top Box merek ZTE ZXV10 B760H ini mempunyai sistem operasi Android 4.4 KitKat dan prosesor bawaan Quad-core ARMv7 dengan mempunyai performa yang cukup baik. Adapun STB ini juga dilengkapi dengan Google Playstore dengan harga yang cukup terjangkau sekitar Rp200.000.

4. Huawei EC6108V9

Huawei juga mengeluarkan produk STB Huawei EC6108V9 yang mempunyai kapasitas RAM 2GB serta prosesor Quad-core ARMv7 dan dapat menangkap sinyal TV menjadi baik. Harga dari STB ini sekitar Rp235.000.

5. Ichiko DVB T2

Merek Ichiko ini tidak hanya menjadi Set Top Box dalam menangkap siaran TV, namun juga dilengkapi dengan teknologi fitur media player yang bisa digunakan untuk menonton film. Adapun fitur tambahan lain dimana penggunanya bisa merekam siaran favorit di TV atau rewind dan pause. Harganya sedikit tinggi dari harga yang lain sekitar Rp350.000.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

6. Nexmedia

Nexmedia juga mempunyai produk Set Top Box yang mempunyai kelengkapan mulai dari unit STB, adaptor, kabel RCA, hingga remote. Adapun STB ini bisa menangkap siaran tv digital tanpa biaya bulanan harganya sekitar Rp300.000.

7. Akari

Akari merupakan STB yang dilengkapi dengan HDMI, RCA, dan RGB dapat digunakan di semua jenis tv mulai dari tv tabung, LCD, dan lain sebagainya serta bisa menggunakan antena UHF. STB ini juga bisa merekam siaran televisi dengan cara menggunakan flashdisk ataupun HDD eksternal. Harganya sekitar Rp300.000.

8. Goldsat Revo

Goldsat merupakan salah satu merk STB yang cukup terjangkau. Goldsat Revo Mempunyai spesifikasi CPU sunplus 1509C dan video decoder H.264/MPEG-4. STB ini juga mempunyai fitur mulai dari YouTube, WETV, TikTok, Media Player, hingga IPTV. Jika dilansir dari beberapa e-commerce, harga dari STB in sekitar Rp162.000.

9. Tanaka DVB T2 SNIPER

Set Top Box Tanaka DVB T2 SNIPER ini tidak hanya menangkap siaran digital saja namun juga mempunyai fitur lain seperti Wifi, YouTube, YouTube Kids, WETV, TikTok, Vidio dan lain sebagainya. Mempunyai Full HD 1080P dan hotspot HP. Dilansir dari beberapa e-commerce, harganya sekitar Rp200.000.

10. Venus

Venus merupakan STB yang salah satu keluaran terbaru adalah model cabai rawit. Adapun spesifikasinya mulai dari MPEG4, MP3, USB, Photo Gallery, HD 1080p, PVR, hingga HDMI. Harganya juga sekitar Rp200.000.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.