Sukses

Fakta-Fakta Menarik di Balik Lagu 'November Rain' Guns N’ Roses

Tak hanya karena hari ini tepat memasuki tepat pada 1 November, tetapi juga karena lagu tersebut memang merupakan karya ikonis dari Guns N' Roses.

Liputan6.com, Bandung - Pergantian bulan baru kali ini di benak sebagian orang langsung tertuju pada salah satu lagu yang melegenda. Ya, November Rain karya Guns N’ Roses adalah lagu yang dimaksud.

Tak hanya karena hari ini tepat memasuki tepat pada 1 November, tetapi juga karena lagu tersebut memang merupakan karya ikonis dari Guns N' Roses.

Tentunya ada banyak hal istimewa dari November Rain yang dirilis pada 18 Februari 1992 ini. Pertama, adalah durasinya yang mencapai hampir sembilan menit.

Axl Rose menulis lagu dan awalnya dimaksudkan menjadi 25 menit, tetapi dipotong menjadi sekitar 9 menit. Lagu ini juga memegang tempat lagu terpanjang sebagai hit Top 10, serta memiliki solo gitar terpanjang dalam single Top 10.

Tak hanya mengenai lagunya, video klip November Rain pun menjadi videoklip pertama dari era 90-an yang telah ditonton 1 miliar kali seperti dilansir dari Loudwire.

Saat dirilis pada 1992, November Rain mencatat rekor sebagai video klip termahal di kala itu. Bajet pembuatannya mencapai US$ 1,5 juta. Sepersepuluhnya digunakan untuk membangun kapel di tengah gurun pasir.

Wanita yang muncul dalam video klip November Rain dan berperan sebagai istri Axl Rose, adalah Stephanie Seymour. Dia adalah model Playboy dan juga sempat muncul dalam katalog Victoria's Secret.

Saat video klip ini dibuat, Stephanie merupakan kekasih Axl yang sebenarnya di kehidupan nyata. Mereka putus pada 1993, dan Axl menuduhnya berselingkuh. Keduanya juga saling menuding bahwa pasangannya telah melakukan kekerasan.

Tak sampai di situ, adegan Guns N' Roses sedang tampil di panggung dalam video klip November Rain bukanlah cuplikan konser yang nyata. Mereka menyewa panggung dan membayar 1.500 figuran untuk menjadi penonton.

Namun saat syuting, bukannya melakukan lip-synch, Guns N' Roses justru memilih untuk benar-benar membawakan lagu ini dan sejumlah lagu populer mereka lainnya. Ternyata mereka ingin menghibur para figuran yang hadir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tema Lagu

Mengutip laman English Wikipedia, lagu November Rain memiliki durasi asli 8 menit 57 detik. Karena terlalu panjang, dibuat versi untuk pemutaran radio yang hanya 4 menit 43 detik.

November Rain sendiri mengisahkan masalah yang terjadi dalam sebuah hubungan dan rasa putus asa. Selain lirik yang dalam, musikalitas November Rain juga panen pujian pada zamannya.

Melansir situs Genius.com, gitaris Tracii Guns menyebut bahwa proses terciptanya lagu November Rain sudah dimulai sejak 1983. Tracii menyebut kala itu baru tercipta nadanya. Baru pada 17 September 1991 lagu ini rilis dalam album Use Your Illusion 1.

Untuk diketahui, lagu ini sempat berada di posisi tiga tangga lagu Billboard Hot 100, dan salah satu lagu terlama yang bertengger di top 10 Billboard.

November Rain juga berjaya di tangga lagu Inggris Raya, Portugal, Jerman, Australia dan Selandia Baru.

3 dari 4 halaman

Berduka Karena Cinta

Slash, Gitaris Guns N' Roses menulis dalam biografinya bahwa versi 18 menit dari November Rain telah direkam pada 1986 sebelum band ini merekam ‘Appetite For Destruction’.

Dilansir Music Banter, lirik lagu November Rain ini bercerita tentang Axl Rose, sang vokalis yang rupanya berduka karena cinta yang telah hilang selamanya.

Liriknya juga menggambarkan tentang perasaan seperti hati yang bisa berubah dan bahkan lilin yang menyala terang tidak bisa tetap menyala di bawah hujan di bulan November yang dingin. Berjalan di tengah hujan di bulan November ini digunakan sebagai metafora untuk menjauh dari hubungan.

Dalam liriknya juga terdapat saran bahwa dalam hubungan sepasang kekasih ini hanya perlu sedikit waktu sendirian, sehingga mereka dapat menemukan jalan kembali satu sama lain. Karena, waktu dapat menyembuhkan semua luka yang mereka rasakan.

Bahkan hujan di bulan November yang dingin pun tidak bisa bertahan selamanya, dan semua orang membutuhkan seseorang yang dapat menyembuhkan luka tersebut.

4 dari 4 halaman

Lirik Lagu

Mengawali bulan baru, berikut kami hadirkan lirik lagu November Rain dari Guns N Roses.

When I look into your eyes

I can see a love restrained

But darlin' when I hold you

Don't you know I feel the same

 

'Cause nothin' lasts forever

And we both know hearts can change

And it's hard to hold a candle

In the cold November rain

 

We've been through this such a long long time

Just tryin' to kill the pain

 

But lovers always come and lovers always go

No one's really sure who's lettin' go today

Walking away

 

If we could take the time to lay it on the line

I could rest my head

Just knowin' that you were mine

All mine

So if you want to love me

Then darlin' don't refrain

Or I'll just end up walkin'

In the cold November rain

 

Do you need some time...on your own

Do you need some time...all alone

Everybody needs some time...on their own

Don't you know you need some time...all alone

 

I know it's hard to keep an open heart

When even friends seem out to harm you

But if you could heal a broken heart

Wouldn't time be out to charm you

 

Sometimes I need some time...on my own

Sometimes I need some time...all alone

Everybody needs some time...on their own

Don't you know you need some time...all alone

 

And when your fears subside

And shadows still remain

I know that you can love me

When there's no one left to blame

So never mind the darkness

We still can find a way

'Cause nothin' lasts forever

Even cold November rain

 

Don't ya think that you need somebody

Don't ya think that you need someone

Everybody needs somebody

You're not the only one

You're not the only one

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.