Sukses

Anak 3 Tahun di Gorontalo Meninggal Dunia Akibat Gagal Ginjal Akut

Seorang anak berusia 3 tahun di Gorontalo meninggal dunia akibat gagal ginjal akut setelah sempat dirujuk ke Manado.

Liputan6.com, Gorontalo - Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo merilis laporan dari tim surveilans, di Provinsi Gorontalo ditemukan satu orang pasien probable Gagal Ginjal Akut progresif Atipikal/Acute Kidney Injury (AKI), Minggu (23/10/2022).

"Kami menerima laporan dari Rumah Sakit MM Dunda Limboto ada pasien anak umur 3 tahun gagal ginjal akut dan telah mendapat perawatan intensif,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Yana Yanti Suleman.

Yana menjelaskan, pasien tersebut bergejala demam, mual, dehidrasi, batuk pilek, malaise, nafsu makan menurun, nyeri perut, perdarahan saluran pencernaan dan kencing yang berkurang. Kasus ini sudah dilaporkan ke PHEOC Kemenkes.

"Pasien kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Kandou Manado sebagai rumah sakit rujukan dialisis anak. Namun anak itu telah dinyatakan meninggal dunia,” ungkapnya.

Terkait temuan kasus tersebut, Yana mengimbau masyarakat tetap tenang dan mengikuti anjuran Kemenkes, yaitu untuk selalau menjalankan pola hidup bersih dan tidak membeli obat sirup sembarangan.

Jika ada anak sakit, segera dibawa ke fasilitas pelayanan kesehatan baik di dokter praktik mandiri. Puskesmas dan rumah sakit juga selalu memberikan pelayanan, jangan mengobati sendiri.

"Ketika ada balita dengan menampakan gejala gangguan, segera lapor. Jangan berobat sendiri," tuturnya.

Sementara itu, untuk pengawasan terhadap pelarangan menjual obat sediaan sirup oleh Kemenkes bagi apotek saat ini Dinas Kesehatan Kabupaten Kota sudah turun untuk memastikan hal tersebut dipatuhi.

"Dinas Kesehatan Provinsi selalu berkoordinasi dengan lintas sektor terkait di antaranya Balai POM di Gorontalo dan Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota dalam rangka meningkatkan pengawasan di lapangan," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fungsi Ginjal

Perlu diketahui ginjal merupakan sebuah organ penting yang ada dalam tubuh. Ginjal berfungsi untuk membuang sisa metabolisme dalam tubuh. Semua proses metabolisme dalam tubuh nantinya akan dibuang lewat hati dan ginjal.

Pembuangan dari ginjal nantinya disalurkan melalui urine, sedangkan pembuangan dari hati disalurkan melalui anus.

Selain itu juga, ginjal juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan. Misalnya saat suhu udara sedang dingin, otomatis tubuh akan lebih sering buang air kecil.

Begitu pula sebaliknya, jika suhu udara panas, tubuh akan merasa kekurangan cairan. Contohnya, saat seseorang berjalan di bawah terik matahari, pastinya orang tersebut akan merasa kehausan dan ingin minum.

Sekadar informasi, organ ginjal bisa tiba-tiba berhenti berfungsi. Kondisi inilah dinamakan gagal ginjal akut, dan tentunya harus segera dapat penanganan medis. Gagal ginjal akut juga bisa menjadi kondisi kronis yang memburuk secara perlahan dalam waktu yang lama.

Sementara kondisi gagal ginjal akut ini membuat ginjal tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Dalam hal ini, ginjal tidak bisa membuang limbah tubuh melalui urine dengan benar. Jumlah urine yang normal pun tidak bisa diproduksi. Kondisi ini bisa terjadi dengan cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.