Sukses

BTS Wajib Militer, Berapa Potensi Kehilangan Pendapatan Korea Selatan?

Big Hit Music juga mengumumkan bila seluruh personel BTS melakukan pembatalan penundaan pendaftaran wajib militer pada akhir bulan Oktober.

Liputan6.com, Jakarta - Boyband ternama BTS akan menjalani wajib militer selama dua tahun. Ini sebagai syarat wajib bagi seluruh masyarakat Korea Selatan.

Lantas siapa yang akan melakukan aktivitas wajib militer pertama kali diantara personel BTS ? Informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, Kim Seok Jin menjadi personel pertama yang akan melangsungkan wajib militer.

Dipilihnya Kim Seok Jin atau Jin BTS ini karena dia menjadi personel tertua di idol group ternama dunia ini. Seperti apa yang disampaikan oleh label BTS yakni Big Hit Music dalam rilis resminya.

Meskipun demikian belum diketahui kapan Jin mulai mengikuti wajib militernya.

"Halo, ini Big Hit Music. Kami ingin menginformasikan kepada kalian bahwa BTS telah melakukan persiapan nyata untuk memenuhi kewajiban dinas militer mereka," tulis pernyataan Big Hit seperti yang dirilis oleh Osen via Naver tertulis Selasa (18/10/2022).

Lebih lanjut, Big Hit Music juga mengumumkan bila seluruh personel BTS melakukan pembatalan penundaan pendaftaran wajib militer pada akhir bulan Oktober ini. Hal itu dikarenakan seluruh personel BTS akan melakukan aktivitas masing-masing personelnya.

"Pertama-tama, seluruh member yang akan segera melakukan aktivitas individu akan mengajukan pembatalan penundaan pendaftaran (wamil) pada akhir Oktober," lanjut mereka.

 

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Single Jin BTS

Bagi keenam anggota BTS telah menjadwalkan wajib militer sesuai rencana masing-masing. Kemudian keputusan ini diambil setelah adanya kesepakatan di antara masing-masing personel BTS.

"Member lainnya juga akan melakukan wajib militer secara berurutan sesuai dengan rencana mereka," ucap mereka.

Diketahui jika Jin akan segera mengeluarkan single solonya yang berkolaborasi dengan musisi spesial. Kabar baik itu seperti apa yang disampaikan oleh Big Hit Music dan akan dirilis pada akhir bulan Oktober 2022 ini.

"Jin bakal merilis single solonya pada akhir Oktober," kata perwakilan Big Hit Music pada Selasa (18/10), seperti dikutip dari Xports News via Naver.

Wajib Militer bagi idol group BTS ini diperkirakan akan berdampak pada pendapatan Korea Selatan sebanyak puluhan triliun. Pasalnya Institusi Penelitian Hyundai memperkirakan bahwa legenda K-pop tersebut telah menyumbang lebih dari US$3,6 miliar atau sekitar Rp54,7 triliun (asumsi kurs Rp15.200/US$) setiap tahun untuk perekonomian Korea Selatan.

Maka bilamana dihitung dari hasil penelitian itu jika BTS mengikuti wajib militer, maka bisa membuat Korea Selatan kehilangan sekitar Rp54,7 triliun per tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.