Sukses

Wisata Sehari di Kotabaru Yogyakarta, Bisa Makan Apa Saja?

Liputan6.com, Yogyakarta - Yogyakarta menjadi salah satu kota yang banyak diminati untuk berwisata. Saat hari-hari biasa atau hari libur, Yogyakarta selalu bisa menjadi pilihan untuk menyingkirkan kepenatan.

Salah satu daerah di Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi adalah Kotabaru. Kotabaru Yogyakarta merupakan sebuah kelurahan yang terletak di kecamatan Gondokusuman, Yogyakarta.

Mengutip dpad.jogjaprov.go.id, kawasan Kotabaru menjadi salah satu tempat peninggalan karya arsitektur jaman kolonial Belanda yang cukup populer. Secara historis, kawasan tempat tinggal bagi orang Eropa di sekitar Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat dimulai dari kawasan Loji Kecil yang kemudian meluas ke jalan Setyodiningratan, Kampung Bintaran, kampung Jetis, dan terakhir di Kotabaru.

Kawasan dengan karakteristik arsitektur khas Eropa dan dihiasi banyak pepohonan ini, menjadi salah satu wilayah yang cocok untuk didatangi. Dikutip dari akun Instagram @ke.jogja, berikut beberapa tempat kuliner Kotabaru yang bisa kamu kunjungi dalam sehari:

1. Warung Pojok Mbak Yuni

Warung Pojok Mbak Yuni atau Warjok Mbak Yuni bisa menjadi pilihan untuk menikmati sarapan. Warjok Mbak Yuni menyuguhkan aneka sayur, lauk, serta sambal pedasnya yang ikonik.

Kuliner Yogyakarta ini berlokasi di Kotabaru sisi barat yang dekat sengan SD Ungaran I, tepatnya di di Jalan I Dewa Nyoman Oka No. 3, Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta. Jika kamu penasaran, kamu bisa melihat beberapa testimoni pembeli di akun Instagramnya @warjokmbakyuni.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Mie Ayam Kobar Jaya

 2. Mie Ayam Kobar Jaya

Mie Ayam Kobar Jaya dulunya sering dikenal dengan Mie Ayam Ungaran. Uniknya, mie ayam di sini ada yang disajikan dengan mangkuk pangsit.

Tempat ini sangat cocok untuk mengisi perut di kala siang. Lokasi tempat makan ini berada di depan SD Ungaran, atau tepatnya bisa kamu temui di Jalan Ungaran, Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta.

3. TEMANLAMA

Sore hari menjadi waktu yang tepat untuk nongkrong sambil meneguk secangkir kopi. Temanlama bisa menjadi salah satu coffee shop pilihan untuk menikmati sore di Kotabaru.

Berbagai pilihan menu di tempat ngopi ini bisa kamu intip di akun Instagramnya @bersama.temanlama. Lokasinya berada di samping Donatello Kotabaru atau tepatnya di Jalan Suroto No. 5A, Kotabaru, Yogyakarta.

 

3 dari 3 halaman

Ayam Bakar Pak Yanto

4. Ayam Bakar Pak Yanto

Saat sudah masuk waktu makan malam, ayam bakar bisa menjadi pilihan menu santapan yang mengenyangkan. Salah satu menu ayam bakar andalan di Yogyakarta ada di Ayam Bakar Pak Yanto atau yang juga sering disebut Ayam Bakar Pak Genter.

Tak hanya ayam bakar, di sini juga menyediakan menu lain, seperti telur dadar bakar, ayam barbeque, nila bakar, aneka kremesan, dan lainnya. Tempat makan ini berada di Jalan Wardhani, Kotabaru, Yogyakarta.

(Resla Aknaita Chak)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS