Sukses

'Buruan Sae' Kota Bandung Siap Sabet Penghargaan Internasional di Brazil

Program ketahanan pangan warga Kota Bandung, Buruan Sae, akan mendapat penghargaan internasional di Brazil.

Liputan6.com, Bandung - Program Buruan Sae (Sehat, Alami, Ekonomis) Kota Bandung disebut bakal dianugerahi penghargaan international Prize Milan Pact Award (MPA) Tahun 2022 kategori food production pada The 8th MUFPP (Milan Urban Food Policy Pact) Global Forum yang akan digelar di Rio de Janiero, Brazil, 17 - 19 Oktober 2022 mendatang.

Program ketahanan pangan itu dinilai mampu memenuhi kebutuhan pangan warga secara mandiri. Hal tersebut diungkap Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar.

“Melalui Buruan Sae, Kota Bandung dinilai mampu memenuhi kebutuhan pangan sendiri di wilayah masing-masing,” kata Gin Gin dalam keterangannya, Jumat, (14/10/2022).

Pada The 8th MUFPP Global Forum terdapat 6 kategori. Berbagai kategori tersebut dinilai oleh para ahli independen, terdiri dari 8 penilai dari berbagai negara.

"Di sana kita diminta memaparkan keberhasilan program Buruan Sae di Kota Bandung untuk didengar dan menjadi contoh baik bagi Kota-kota lain untuk membangun konsep ketahanan pangan," ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ungguli 133 Negara

Gin Gin mengatakan, program Buruan Sae mengalahkan lebih dari 251 inovasi dari 133 kota di dunia. Program tersebut dilihat langsung oleh delegasi Internasional saat konferensi U-20 di Bandung.

"Dari sanalah mereka memberikan apresiasi, menilai bahwa itu adalah keberhasilan dan menjadi solusi krisis pangan dunia," katanya.

Dalam dua tahun ini, terdapat sebanyak 335 kelompok Buruan Sae yang tersebar di 151 kelurahan di Kota Bandung. Kata Gin Gin, jumlah tersebut masih terus bertambah. Buruan Sae diklaim mampu menghasilkan hasil pangan yang bisa dimanfaatkan keluarga dan lingkungannya, serta bernilai ekonomis.

"Bisa menambah penghasilan keluarga, mereka bisa mengolah dan menjual hasil dari Buruan Sae," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Tamu dari Roma

Di samping itu, pada akhir 24-28 Oktober mendatang pun Kota Bandung bakal kedatangan tamu dari Roma, Italia. Ada tujuh orang dari kota tersebut yang akan berkunjung secara resmi ke Kota Bandung dan menjumpai kelompok Buruan Sae untuk keperluan studi banding.

“Kita harap Buruan Sae terus berkembang dan bisa diterapkan sampai ditingkat seluruh RW di Kota Bandung, bahkan Kota lainnya di Indonesia maupun dunia,” katanya.

Diketahui, Global Forum MUFPP merupakan pertemuan rutin tahunan kota-kota yang tergabung dalam MUFPP. MUFPP merupakan pertemuan para wali kota atau utusan kota dunia di Milan, Italia telah melahirkan Milan Urban Food Policy Pact (Pakta Kebijakan Pangan Perkotaan). Pakta Milan adalah perjanjian internasional untuk mewujudkan kota cerdas pangan bagi warganya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.