Sukses

Rilis Lagu Baru Bersama Elvy Sukaesih, Berikut Profil Rhoma Irama

Lagu Cinta dalam Khayalan ini menurut Rhoma Irama menjadi lagu yang telah dipersiapkan secara matang.

Liputan6.com, Jakarta - Raja dangdut Rhoma Irama akhirnya merilis lagu duet bersama sang Ratu dangdut Elvy Sukaesih yang sebelumnya sempat ditampilkan secara perdana di panggung D'Academy 5. Lagu berjudul Cinta dalam Khayalan ini telah dirilis pada Rabu (12/10/2022) jam 16.00 WIB di kanal YouTube milik Rhoma Irama.

Lagu Cinta dalam Khayalan ini menurut Rhoma Irama menjadi lagu yang telah dipersiapkan secara matang. Dalam menciptakan lagu ini, ia juga mencocokkan dengan karakter suara Elvy Sukaesih.

“Saya mengolah lagu duet untuk bisa kami nyanyikan, saya berusaha sebaik mungkin. Karena pastinya saya tahu banget karakter vokal Elvy, feel-nya Elvy itu yang saya coba gali di lagu baru ini,” kata Rhoma Irama.

Arti lagu ini mempunyai makna mengenai pasangan yang telah dilalui bertahun-tahun bersama, namun perasaan cinta tersebut ternyata tidak nyata dan hanya berada dalam khayalan mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Profil Rhoma Irama

Rhoma Irama atau mempunyai nama lengkap Raden Haji Oma Irama adalah penyanyi Indonesia kelahiran 11 Desember 1946. Tidak hanya sebagai penyanyi dangdut Indonesia ternama, ia juga turut menciptakan lagu dan juga seorang gitaris. Rhoma Irama lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat.

Karier Bermusik

Rhoma Irama dalam karier bermusiknya telah melalui berbagai rintangan sebelum sampai sejauh ini. Mengawali karir pada tahun 1960-an, Rhoma Irama awalnya mendirikan grup band Gayhand dan kemudian ia bergabung dengan orkes Melayu seperti Chandra Leka dan El Sitara.

Berpindah-pindah grup band akhirnya Rhoma Irama membentuk sebuah Orkes Melayu bernama Soneta pada tahun 1973, akhirnya Ia dan band tersebut sukses besar bahkan memperoleh 9 Golden Records hasil dari penjualan lagunya hingga puluhan penghargaan yang lainnya sampai ia dikenal sebagai Raja Dangdut.

Memasuki Karier Akting

Tidak hanya sukses sebagai penyanyi, Rhoma Irama juga sukses dalam karier aktingnya. Ia turut berpartisipasi dalam dunia film dan hampir semua film yang dibintangi olehnya selalu laris ditonton. Beberapa film yang terkenal pernah ia bintangi adalah film Satria Bergitar, Berkelana, Begadang, Pengabdian, Menggapai Matahari, Nada-nada Rindu, Bunga Desa hingga Nada dan Dakwah.

3 dari 4 halaman

Memasuki Karier Politik

Rhoma Irama juga aktif berkarier dalam dunia politik. Di masa Orde Baru, Rhoma juga turut menjadi ikon penting dalam Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Rhoma juga pernah ditawari untuk bergabung dengan Golkar pada saat itu, namun ia menolaknya. Sempat tidak aktif berpolitik, Rhoma Irama pun terpilih menjadi anggota DPR pada 1993.

Kemudian, bersama rekannya Rhoma Irama mendirikan Partai Idaman, partai politik bernuansa Islam. Idaman merupakan akronim dari Partai Islam Damai Aman.

4 dari 4 halaman

Penghargaan

Sebagai musisi legendaris, tentu saja Rhoma Irama telah menerima berbagai penghargaan sepanjang karirnya, seperti dilansir dari beberapa sumber berikut adalah daftar penghargaan yang pernah diraih oleh Rhoma Irama:

Anugerah Musik Indonesia

1. Artis Solo Pria Dangdut Terbaik (1997)

2. Legend Award

3. Artis Solo Pria Dangdut Kontemporer Terbaik (2012)

4. Pencipta Lagu Dangdut Kontemporer Terbaik (2012)

5. Produser/Penata Musik Dangdut Terbaik (2020)

6. Karya Produksi Lagu Berlirik Spiritual Islami Terbaik (2020)

7. Lifetime Achievement Award

8. Duo/Grup/Kolaborasi Dangdut Terbaik (2021)

Indonesian Dangdut Awards

1. Lifetime Achievement Award (2017)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.