Sukses

Membangun Generasi Digital dengan Kearifan Lokal

Membangun Generasi Digital dengan Kearifan Lokal

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Komunikasi dan dan Informasi, bersama Siber Kreasi mengadakan kegiatan khusus Peserta Didik dan Guru Se-Sulawesi agar Makin Cakap Digital di Tahun 2022 ini bersama Pendidikan Sulawesi Cakap Digital, yang berlangsung secara hybrid.

Kegiatan yang mengambil tema Generasi Digital dengan Kearifan Lokal, sejumlah tokoh Ilham Azikin, yang merupakan Bupati Bantaeng, kemudian ada juga Bupati Maros Andi Syafri Chaidir Syam, Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa dan mantan Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal. 

Turut juga hadir, Menteri Kominfo, Jhonny G Plate sebagai Keynote Speaker, menyatakan generasi ini akan berada dalam dunia yang tanpa sekat, dimana mereka menghadapi kompetisi global.

"Kita sudah harus merancang Indonesia yang makin cakap digital, dan generasi yang terus beradaptasi dalam berbagai aktivitas," kata Menteri Johny 

Ia menambahkan, Kementerian Kominfo akan melakukan pelatihan untuk 5 juta masyarakat digital. Pelatihan ini akan mulai menyentuh semua kalangan, mulai dari pelajar Sekolah Dasar kelas 5, hingga kalangan guru dan tenaga pendidik.

"Kami akan memperkenalkan pada lima aspek, yaitu; digital skill, digital culture, digital etic, dan digital safety. Ini adalah agenda transfirmasi digital Indonesia masa depan," Ujar Menteri Johny.

Sementara itu, Bupati Bantaeng, Ilham Azikin mengatakan, kalau ingin menjaga kehormatan diri sendiri, maka harus menjaga kehormatan orang lain dulu. "Untuk itu, kalau mau berinteraksi, lakukan olah pikir dan olah rasa. Kalau menurutmu hal ini baik untuk orang banyak, maka coba gunakan perasaan mu, apa ini tepat kita sampaikan kepada orang lain. Kalau keduanya tidak sinkron, hentikan," paparnya

Ilham Azikin turut mengajak kepada semua generasi muda untuk senantiasa menjaga kearifan lokal didunia digital ini. Digitalisasi saat ini sangat berpotensi mengikis karakter-karakter baik yang ada pada diri kita.

"Kita di Sulsel ini punya karakter yang komunal. Kita selalu membangun silaturahmi secara langsung. Pada era digital ini, karakter ini dapat dengan mudah terkikis," Sebut Ilham Azikin.

Sebagai pengisi acara, turut dihadirkan ban The Rain dan Komika, menghibur para peserta.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.