Sukses

Enggak Bikin Mati Gaya, Ini 5 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Berwisata ke Puncak Sosok Yogyakarta

Liputan6.com, Yogyakarta - Puncak Sosok merupakan destinasi wisata yang berlokasi di Dusun Jambon, Desa Bawuran, Pleret, Bantul, Yogyakarta. Dari Puncak Sosok, pengunjung dapat menikmati keindahan Kota Yogyakarta dari atas.

Bukan hanya itu saja, di sini keindahan sunrise dan sunset juga terlihat jelas dan memukau. Puncak Sosok berada sekitar 8,5 km dari Hutan Pinus Pengger.

Untuk menuju ke lokasi ini, pengunjung harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 25 menit dari hutan pinus tersebut. Sementara itu, dari kota Yogyakarta, destinasi ini membutuhkan waktu tempuh sekitar satu jam dengan jarak sejauh 22,5 km.

Selain dapat menyaksikan sunrise, sunset, dan keindahan kota Yogyakarta dari atas, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan jika berkunjung ke Puncak Sosok, salah satu destinasi wisata Yogyakarta:

1. Bersepeda atau gowes

Setiap Sabtu dan Minggu pagi, area di sekitar Puncak Sosok diramaikan oleh para pengunjung yang bersepeda ke atas bukit. Rasa lelah setelah mengayuh sepeda menuju ke atas akan terbayarkan dengan keindahan pemandangan dengan udara yang begitu sejuk.

Puncak Sosok juga menyediakan lintasan downhill sepanjang 1,4 kilometer. Kamu bisa mencoba menelusuri lintasan yang membentang dari Puncak Sosok hingga Puncak Gebang ini.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Musik di Alam Bebas

2. Menikmati musik di alam bebas

Saat akhir pekan, tepatnya saat malam hari, biasanya akan ada band atau grup musik yang menyanyikan lagu untuk pengunjung. Hal ini seolah menambah suasana romantis di Puncak Sosok.

Pertunjukan musik ini dibuka untuk umum dan pengunjung juga bisa ikut serta menyanyikan lagu dengan diiringi musik. Selain pertunjukan musik, ada juga hiburan lainnya, seperti pentas tari atau seni pertunjukan seperti Sendratari Ramayana.

3. Wisata kuliner

Menikmati keindahan dan suasana sejuk di Puncak Sosok rasanya kurang lengkap jika tanpa santapan pisang goreng dan teh hangat. Tak perlu repot-repot membawa bekal karena di sana terdapat banyak warung kecil yang berjajar menjajakan makanan.

Warung yang dikelola untuk membantu perekonomian warga sekitar ini menjual aneka makanan, mulai dari yang ringan, berat, hingga kuliner khas Yogyakarta. Kamu juga bisa menikmati sate angkringan dan bakso tusuk dengan harga yang relatif terjangkau.

 

3 dari 3 halaman

Swafoto

4. Berfoto

Terdapat banyak tempat menarik yang disediakan pihak pengelola untuk mengabadikan keindahan alam di bukit Sosok. Salah satunya adalah jalan setapaknya yang mengelilingi bukit.

Selain itu, tempat duduk di lokasi ini juga dibuat unik. Bangku-bangku tersebut terbuat dari kayu dengan bentuk-bentuk yang menarik.

5. Bersantai menikmati senja

Destinasi ini menjadi salah satu tempat menikmati senja terbaik di Yogyakarta. Banyak wisatawan, baik lokal maupun dari luar Yogyakarta, yang berkunjung ke Puncak Sosok untuk menikmati keindahan matahari terbenam.

Pengunjung bisa menikmati momen menawan pergantian hari menuju malam.Perpaduan lampu-lampu di kota dan sinar bulan yang dilihat dari atas bukit seolah menambah keindahan tersebut.

(Resla Aknaita Chak)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.