Sukses

5 Pertimbangan 'Ngekos' Lebih Baik Daripada 'Ngontrak' bagi Perantau Pemula

Liputan6.com, Bandung - Mencari indekos atau kontrakan adalah hal pertama yang muncul di pikiran jika harus merantau ke kota atau negeri orang. Karena tempat tinggal adalah salah satu kebutuhan primer sebelum kita beranjak ke hal selanjutnya.

Mencari tempat tinggal memang seperti memilih jodoh: rumit, perlu riset dan survei, pilih-pilih, dan yang selaras dengan kita.

Bagi perantau muda, apalagi baru pertama kali menginjak wilayah tersebut, perlu banyak riset supaya kamu tidak tersesat dan tidak menyesal. Untuk awal, jangan sampai mengorbankan kemudahan daripada harus rela bermurah-murahan mencari tempat tinggal padahal sulit akses atau jauh dari kantor atau kampus hanya karena murah.

Perlu diketahui, bahwa memilih ngekos atau ngontrak adalah perbandingan yang cukup memiliki plus minus masing-masing. Namun, sebagai perantau pemula ingat beberapa hal di bawah ini:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Akses Transportasi Memadai

Banyak aplikasi dan situs yang memberikan informasi soal indekos atau kontrakan. Namun, selain kamu berselancar di internet, berjalan kaki menyusuri jalan untuk menemukan indekos juga perlu dicoba.

Hal pertama yang harus kamu ingat adalah bagaimana akses transportasi menuju tempat tujuan (kantor/kampus) sehari-hari. Jika dirasa sulit, maka kamu bisa pilih opsi lain. Biasanya, pilihlah tempat tinggal yang dekat dengan stasiun besar, halte, atau transportasi umum lainnya. 

Dekat dengan Tujuan 

Riset seberapa jauh antara tempat tinggal dan tujuanmu (kampus/kantor). Utamakan jarak dulu karena kamu adalah warga baru di kota ini.

Pilih tempat yang sekiranya kamu bisa jangkau, jangan sampai kamu lelah di jalan atau harus menghabiskan uang ongkos habis-habisan. Biasanya, indekos dekat dengan halte, stasiun, atau kantor dan kampus. Jadi, kamu akan mudah menemukan indekos yang sesuai dengan keinginan. 

Indekos Punya Fasilitas Lengkap

Jangan mentang-mentang mendapatkan harga kontrakan lebih murah, maka kamu lebih tergiur. Pasalnya, kontrakan biasanya tidak memiliki fasilitas seperti kasur, AC, lemari, dan lain-lain.

Akhirnya kamu harus membeli barang-barang tersebut. Apalagi jika kita akan sering berpindah tempat, kamu akan lebih sulit membawa barang yang besar dan banyak. 

Jika kita memilih ngekos, maka kita akan lebih mudah berpindah tempat supaya dapat menikmati tempat tinggal yang akhirnya lebih cocok dengan diri kita. 

3 dari 3 halaman

Indekos Punya Penjaga/Ibu Kos

Biasanya indekos memiliki penjaga atau orang yang dituakan seperti ibu kos/bapak kos. Kehangatan keluarga bisa saja terjadi di sebuah indekos.

Jika tidak, kita bisa punya penjaga kosan yang menjaga 24 jam tempat tinggal kita. Kita juga tidak sulit menitip paket kiriman karena selalu ada orang yang berjaga.

Dikelilingi Pedagang

Pedagang atau penjual biasanya tahu bahwa tempat tersebut dikelilingi anak kos. Jadi, jangan khawatir untuk mencari makan karena biasanya banyak pedagang seperti warteg, warung nasi padang, tukang siomay, atau nasi goreng di gerobak nangkring di sekitar indekos.

Makanya, indekos bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu perantau muda, apalagi baru saja menginjakkan kaki di tanah orang. Sukses untuk kamu yang mau merantau ya!

 

Penulis: Fathia Uqimul Haq

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.