Sukses

Resep Nasi Pindang, Sajian Khas Kudus yang Mirip Rawon

Liputan6.com, Kudus - Tak hanya soto dan lentog tanjung, Kudus juga memiliki sajian kuliner khas lain yang populer. Adalah nasi pindang, sajian berupa nasi dan daging yang disajikan dengan kuah pindang dan daun melinjo atau daun so.

Sepintas, nasi pindang mirip dengan sajian rawon khas Jawa Timur. Keduanya sama-sama menggunakan daging irisan, tetapi nasi pindang memakai kuah santan sedangkan rawon tidak menggunakan kuah santan.

Selain itu, nasi pindang Kudus juga memiliki aroma khas daun melinjo yang menambah keunikannya. Sebenarnya, nasi pindang di Kudus menggunakan daging kerbau karena di Kudus ada larangan memakan daging sapi.

Namun, sekarang nasi pindang banyak disajikan dengan daging sapi atau ayam. Nasi Pindang biasanya disajikan oleh masyarakat Kudus yang sedang memiliki hajatan atau pesta.

Namun seiring berkembangnya zaman, Nasi Pindang sudah mulai dijual di beberapa tempat makan, baik restoran maupun warung kaki lima. Kini, sajian nasi pindang tak hanya bisa dinikmati di Kudus.

Makanan ini juga sudah banyak dijajakan di daerah lain di luar Kudus. Bahkan, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mengikuti resep nasi pindang berikut ini:

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Bahan

Bahan:

300 gram daging sapi, bagian sandung lamur

1 liter air

2 lembar daun salam

2 cm lengkuas, memarkan

300 ml santan

50 gram daun melinjo

2 sdt garam

1 sdm air asam

3 sdm minyak goreng

 

3 dari 3 halaman

Cara Membuat

Bumbu halus:

6 buah bawang merah

3 siung bawang putih

2 buah keluak, ambil isinya

1/2 sdt terasi

1/2 sdt ketumbar

Cara membuat:

1. Rebus daging dalam 1 liter air hingga empuk

2. Setelah matang dan empuk, potong dadu ukuran 1 cm, kemudian sisihkan

3. Tumis bumbu halus bersama daun salam dan lengkuas hingga harum

4. Masukkan daging, aduk rata

5. Tuang kaldu rebusan daging, garam, dan santan

6. Setelah bumbu meresap, tambahkan daun melinjo

7. Biarkan sebentar, kemudian angkat

8. Pindang kudus siap disantap

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.