Sukses

3 Remaja Langganan Pengutil Sparepart Sepeda Motor di Stadion Batakan Balikpapan

Liputan6.com, Balikpapan - Kerap kali para penonton bola di Stadion Batakan Balikpapan menjadi korban pencurian terhadap sparepart sepeda motornya usai menonton bola membuat pihak kepolisian kian gencar melakukan pengawasan di area parkir stadion saat pertandingan bola berlangsung.

Pasalnya beberapa kali terjadi pemilik kendaraan kehilangan sparepart, seperti kaliper rem depan hingga ban motor usia menonton pertandingan di sana.

Rupanya, aksi komplotan ini hendak beraksi kembali pada Kamis (22/9/2022) malam. Saat itu pertandingan Persiba Balikpapan menjamu Kalteng Putra berlangsung.

Ada tiga pelaku dua diantaranya masih di bawah umur yang berhasil diamankan aparat kepolisian. Pengungkapan tersebut bermula kegiatan anggota Polsek Balikpapan Timur bersama personel Samapta Polresta Balikpapan melakukan pengamanan, pertandingan sepak bola itu sekira pukul 20.00 Wita.

Pada saat petugas melakukan patroli di kawasan parkir kendaraan roda 2 (R2), petugas mencurigai ada tiga remaja yang tengah duduk di atas kendaraan sepeda motor. Petugas yang curiga dengan gerak-geriknya, kemudian mendatangi ketiga pelaku dan melakukan penggeledahan badan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Temukan Sejumlah Kunci Sparepart

Benar saja, petugas menemukan beberapa kunci seperti kunci L, kunci bintang dan kunci pas ukuran 10.

"Pada saat acara berlangsung anggota kami perintahkan melakukan patroli di area parkir. Pada saat patroli tersebut kami curigai dua orang remaja yang sedang memegang beberapa motor. Makanya dengan melihat kejadian tersebut personel kami curiga kemudian kita geledah ternyata membawa kunci L dan kunci bintang,” terang Kapolsek Balikpapan Timur, Kompol Imam Safi’i, pada Jumat (23/9/2022) siang.

Mendapatkan barang bukti itu, kemudian pelaku dibawa ke Polsek Balikpapan Timur untuk dimintai keterangan. “Kami tanyakan buat apa kunci itu katanya buat baiki motor nya. Kemudian kami tanya tiketnya mana? ternyata tidak punya juga. Semakin curiga karena ada kunci itu kami amankan ke Polsek didalami dan dia mengakui tadi malam mengambil kaliper itu,“ ungkapnya.

Berdasarkan keterangan para pelaku, petugas mengamankan barang bukti sparepart motor berupa kaliper rem depan di rumah salah satu pelaku. “Itu disembunyikan di rumahnya ternyata ada. Barang bukti sementara kaliper untuk yang lain masih kami kembangkan,” kata Imam.

Rupanya para pelaku juga mengakui melakukan aksi pencurian sparepart motor pada acara konser dan Haornas belum lama ini. “Mereka sudah mengakui pencurian sebelumnya makanya kami meminta kepada masyarakat yang merasa menjadi korban agar melapor ke Polsek,” imbaunya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.