Sukses

Mengenal Colonel Sanders, Pria Berjenggot di Balik Logo KFC

Banyak masyarakat di berbagai negara menyukai ayam KFC.

Liputan6.com, Bandung - KFC atau Kentucky Fried Chicken adalah sebuah brand restoran cepat saji yang berasal dari Amerika. Restoran ini mempunyai ciri khas ayam goreng nikmat. Cabang restorannya pun ada di mana-mana di berbagai negara.

Banyak masyarakat di berbagai negara menyukai ayam KFC karena terdiri dari 11 bumbu dan rempah-rempah rahasia. Tidak hanya ayamnya yang terkenal, masyarakat juga mengingat jelas produk ini karena branding dari logonya yang merupakan tokoh pembuat KFC tersebut.

Adapun tokoh yang dipajang dalam logo KFC adalah pencetus makanan ayam goreng cepat saji tersebut. Ia bernama Colonel Harland Sanders yang lahir pada 9 September 1890. Sanders berasal dari Henryville, Indiana. Ia meninggal dunia pada usia 90 tahun, 16 Desember 1980 karena penyakit yang diderita yaitu leukimia akut.

Pada 1952, Sanders mendirikan restoran cepat saji tersebut dan kantor pusatnya ada di Louisville, Kentucky. Sampai hari ini telah ada banyak cabang KFC di berbagai dunia.

Adapun logo dari KFC ini pada awalnya terlihat serius, tetapi kemudian dibuat semakin ramah. Meskipun logo KFC telah diubah beberapa kali dan didesain ulang, akhirnya logo yang sampai saat ini masih digunakan adalah logo yang diresmikan sejak 2007.

Dalam logo KFC itu, terdapat latar berwarna merah dengan tokoh Sanders yang menggunakan celemek koki berwarna merah. Tidak hanya itu, tokoh si pemilik restoran juga tidak terlepas dari khas yang sering menggunakan dasi kupu-kupu hitam, kacamata, dan wajah yang berjenggot.

Hal itu membuat publik semakin mengingat sang pencetus ayam KFC ini dan menjadi salah satu restoran cepat saji terkemuka di dunia.

Di Indonesia, KFC juga turut mempunyai banyak penggemar. Banyak masyarakat mencintai ayam goreng tersebut, terutama restoran cepat saji ini sering memberikan promo-promo dari paket tertentu dengan harga yang cukup murah sehingga dapat membuat orang yang sedang berhemat tetap bisa membeli promo paket komplet dari ayam KFC.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

KFC Malaysia Pernah Ganti Logo Kolonel Sanders

Logo KFC sendiri pernah diganti menjadi sosok perempuan. Namun, rupanya hal itu dilakukan untuk memperingati International Women's Day dirayakan pada 8 Maret di seluruh dunia.

Adalah KFC Malaysia yang mengganti logo Colonel Sanders yang terkenal. Kabar ini beredar setelah logo pemilik restoran ayam ternama, Kolonel Sanders, berubah menjadi sosok seorang wanita.

Siapakah wanita itu?

Sosok wanita yang muncul menggantikan Sanders disebut-sebut bernama Claudia. Pada 1930, Claudia berkerja sebagai pelayan di restoran ayam pertama milik Sanders. Kedekatan di antara mereka berlanjut hingga pada 1948 mereka bersumpah untuk sehidup semati dalam janji suci pernikahan.

Dilansir dari weekfacts.com, sebuah sumber berita Malaysia menyebutkan bahwa Claudia memiliki andil besar pada restoran cepat saji yang dibangun oleh sang kolonel. Hal senada diungkap pula oleh David Novak (former president and chief executive KFC). "KFC tidak akan berhasil tanpa campur tangan Claudia," ujarnya.

Disebutkan juga dalam says.com, dalam sebuah wawancara di tahun 1991, Claudia menceritakan bahwa ketika ayam yang dijual Sanders tidak laku, ia berusaha membantu sang suami dalam membuat resep ayam yang lezat di rumah. Claudia adalah orang yang menyempurnakan resep 11 bahan rahasia ayam crispy Sanders yang ke-12 kalinya.

Claudia jugalah yang turun tangan dalam hal resep, pengemasan, sampai ke proses pengiriman bahan-bahan rahasia tersebut di seluruh penjuru Amerika. Tak kenal lelah, Claudia rela membantu suaminya ini hingga larut malam dan membantu mempromosikannya.

Logo Colonel Sanders yang legendaris bermula dari dipilihnya Reba McEntire untuk berperan dalam sebuah iklan komersial restoran ayam tersebut. McEntire diminta berperan sebagai Kolonel Sanders untuk iklan menu new smoky mountain BBQ chicken sandwhich. McEntire sendiri merupakan wanita pertama yang masuk dalam industri restoran ayam.

3 dari 3 halaman

Resep Asli Ayam KFC

Rahasia resep asli ayam KFC telah diklasifikasikan lebih tinggi daripada sebagian besar rahasia negara sejak tahun 1940-an. Namun, pada tahun 2016, Chicago Tribune menerbitkan apa yang diyakini salah satu kerabat KFC Kolonel Harland Sanders sebagai resepnya, yang telah disimpan dengan aman di scrapbook keluarga selama bertahun-tahun.

Campuran 11 bumbu dan rempah-rempah disimpan di lemari besi, kata perusahaan, dan tidak seorang pun, kecuali pihak perusahaan, tahu apa itu. Faktanya, Sanders membuat dua perusahaan berbeda untuk menciptakan resep, jadi tidak ada satu perusahaan yang akan memiliki semuanya.

Tapi Joe Ledington, keponakan sang kolonel karena pernikahan, memiliki scrapbook yang pernah dimiliki Claudia Sanders, istri kedua sang kolonel. Di dalam lembar memo itu mungkin ada rahasia terbesar dunia ayam.

Di dalam lembar memo itu ada resep tulisan tangan yang diselipkan di dalam amplop yang juga berisi surat wasiat Claudia. Claudia meninggal pada 1997. Ledington mengatakan, ia telah memiliki lembar memo selama sekitar empat tahun, karena diturunkan melalui anggota keluarga.

Apakah ia pikir itu resep asli ayam KFC? "Ya, saya tahu," katanya. "Saya tidak ingin berdebat dengan (perusahaan induk]) Yum! Brands tentang itu, tapi saya cukup yakin itu cukup dekat dengan aslinya."

Penulis: Natasa K

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.