Sukses

5 Tempat Makan Sate Rambiga Terenak di Lombok, Awas Ketagihan!

Campuran bumbu dan rempah inilah yang menjadi ciri khas sate rembiga.

Liputan6.com, Lombok - Kuliner Lombok identik dengan olahan makanan yang dipadukan dengan berbagai rempah-rempah khas. Perpaduan rempah tersebut mengasilkan aneka cita rasa yang memanjakan lidah.

Salah satu kuliner khas Pulau Lombok yang banyak digemari adalah sate rembiga. Sate rembiga memiliki cita rasa yang pedas dengan aroma khas rempah yang menggugah selera.

Sate rembiga merupakan satai daging sapi khas Lombok. Potongan daging sapi yang akan diolah harus dimarinasi terlebih dahulu selama lebih kurang dua jam sebelum dibakar.

Daging sapi untuk membuat sate rembiga bisa dimarinasi menggunakan garam dan lada. Namun, tak jarang ada juga yang memarinasi daging sapi menggunakan nanas.

Bumbu dasar sate rembiga tidak jauh berbeda dengan sate lainnya, yaitu cabai. Namun, sate rembiga juga diberi beberapa bumbu rempah tambahan, seperti asam jawa, gula merah, bawang-bawangan, ketumbar, dan kemiri.

Campuran bumbu dan rempah inilah yang menjadi ciri khas sate rembiga. Setiap gigitannya terasa gurih dan kaya akan rempah.

Tak seperti satai pada umumnya, sate rembiga tidak disajikan bersama dengan saus kacang. Umumnya, sate rembiga disantap bersama lontong, ketupat, urap, sayur plecing, atau sup tulang.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rekomendasi

Nah, jika kamu penasaran dan tertarik ingin mencoba kuliner yang satu ini, kamu bisa berpelesir ke kota asalnya, yakni Lombok. Tak perlu bingung, berikut 5 tempat makan sate rembiga terenak di Lombok yang bisa kamu coba:

1. Sate Rembiga Ibu Sinnaseh

Rekomendasi tempat makan sate rembiga di Lombok yang pertama adalah Sate Rembiga Ibu Sinnaseh. Tempat makan ini sudah cukup populer dan terkenal di Lombok.

Pasalnya, Sate Rembiga Ibu Sinnaseh ini sudah ada sejak 1990-an. Pemilik tempat makan ini pernah menjelaskan bahwa daging sate yang ia gunakan adalah daging sapi lokal yang berkualitas.

Kamu bisa berkunjung ke Jalan Dr Wahidin Nomor 11B, Rembiga, Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat jika ingin mencicipinya. Tempat makan ini membanderol harga mulai dari Rp10.000.

2. Warung Sate Rembiga Utama

Warung Sate Rembiga Utama terkenal dengan satainya yang empuk dan kaya akan rempah. Warung Sate Rembiga Utama ini sudah berdiri selama 30 tahun dan menjadi salah satu kuliner legendaris di Lombok.

Sate rembiga di sini disajikan di piring yang diberi alas daun pisang. Penggunaan daun pisang ini bertujuan agar aroma dari sate semakin menguar.

Tempat makan ini berlokasi di Jalan Dr Wahidin Nomor 5, Lingkungan Dasan Lekong, Kelurahan Rembiga. Soal harga, tempat makan ini membanderolnya mulai dari Rp8.000 saja.

3. Sate Rembiga Goyang Lidah

Selain memiliki tempat yang nyaman dan luas, Sate Rembiga Goyang Lidah ini juga menyajikan kuliner khas Lombok yang beragam. Salah satu kuliner utamanya adalah sate rembiga.

Sate Rembiga Goyang Lidah berlokasi di Jalan Dakota, Rembiga, Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Menu kuliner di sini dibanderol dengan harga mulai dari Rp10.000.

4. Sate Rembiga Hj Nafisah

Sate Rambiga khas Lombok Hj. Nafisah memiliki aroma yang khas dan menggoda. Tak heran jika lokasi ini juga menjadi salah satu tempat menikmati sate rembiga yang banyak dicari.

Tempat makan ini membanderol harga mulai dari Ro10.000 untuk tiap porsinya. Kamu bisa berkunjung ke Jalan Dr Wahidin Nomor 15, Rembiga, Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat untuk menikmatinya.

5. Lesehan Sate Rembiga Lombokoe

Lesehan Sate Rembiga Lombokoe juga bisa menjadi pilihan untuk menikmati sate rembiga saat berada di Lombok. Lokasinya cukup luas dan nyaman, sehingga cocok dijadikan tempat untuk menikmati kuliner khas Lombok bersama keluarga.

Lesehan Sate Rembiga Lombokoe berlokasi di Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok, Labulia, Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Kamu hanya perlu merogoh kocek mulai dari Ro10.000 untuk dapat menyatap sate rembiga di sini.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.