Sukses

Beban Berat Generasi Sandwich, Putus Mata Rantainya Pakai 6 Trik Ini

Cara memutus rantai generasi sandwich ini memang bukan hal yang mudah, tetapi ini bukanlah hal yang mustahil dilakukan.

Liputan6.com, Yogyakarta - Generasi sandwich merupakan istilah populer yang merujuk pada kondisi seseorang yang harus menanggung hidup tiga generasi sekaligus, yakni orang tua, diri sendiri, dan anak-anak mereka. Kondisi tersebut dianalogikan layaknya sandwich atau roti lapis, yakni sepotong daging yang terhimpit oleh dua buah roti.

Menjadi generasi sandwich tidak mudah. Sering kali, kondisi ini akan menambah beban hidup, pikiran, serta menimbulkan stres.

Cara memutus rantai generasi sandwich ini memang bukan hal yang mudah, tetapi ini bukanlah hal yang mustahil dilakukan. Bagi kamu yang sedang berada di kondisi ini, cobalah mengikuti beberapa tips sederhana ini untuk memutus rantai tersebut:

1. Bijak mengelola penghasilan

Setelah menerima gaji, usahakan untuk langsung membuat anggaran menggunakan rumus 50/30/20 atau 40/30/20/10. Dengan menggunakan rumus ini, kamu bisa membagi penghasilan menjadi 50% untuk kebutuhan, seperti membayar cicilan, tagihan, belanja bulanan, dan lainnya.

Selanjutnya, 30% dari gaji bisa untuk hiburan dan kebutuhan atau keinginan lainnya. Sisanya, yakni 20%, bisa kamu tabung.

Sementara di rumus 40/30/20/10, kamu bisa mengatur 40% pendapatan untuk kebutuhan dan 30% untuk kewajiban. Sedangkan, 20% untuk ditabung, kemudian sisanya 10% untuk berdonasi atau kebaikan lain.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Catat Laporan Keuangan

2. Rutin mencatat laporan keuangan

Mencatat arus kas keluar-masuknya uang merupakan cara yang sangat penting. Cara ini bisa membantu kamu mengetahui pergerakan keuangan setiap bulannya.

Dengan demikian, kamu bisa menentukan rencana keuangan untuk bulan ini dan bulan berikutnya dengan baik. Kamu bisa menulis catatan keuangan secara manual pada buku atau menggunakan aplikasi yang banyak tersedia di App Store atau Google Play Store.

3. Usahakan memiliki sumber penghasilan lain

Menambah sumber penghasilan bisa menjadi salah satu cara yang bisa kamu coba. Penghasilan tambahan ini bisa kamu gunakan sebagai pendapatan pasif.

Misalnya, kamu bisa berinvestasi, menyewakan properti, kemitraan, dan lainnya. Dengan bertambahnya penghasilan, kamu akan lebih mudah mengatur arus keuangan.

 

3 dari 3 halaman

Siapkan Program Pensiun

4. Siapkan program pensiun

Menyiapkan program pensiun adalah hal yang penting untuk memutus rantai generasi sandwich. Kamu bisa menyisihkan sebagian dari penghasilan agar bisa diinvestasikan untuk dana pensiun.

Jika rutin menginvestasikan penghasilan untuk dana pensiun, maka kamu tidak akan membebani anak-anakmu kelak. Dengan demikian, kamu akan memutus rantai generasi sandwich yang akan berhenti pada dirimu.

5. Pentingnya memiliki asuransi kesehatan

Dengan mempunyai asuransi kesehatan, biaya pengobatan bisa ditanggungkan oleh asuransi sesuai dengan kontrak dan kesepakatan bersama. Jadi, kamu tidak akan memerlukan biaya besar ketika harus berobat.

6. Komunikasikan dengan keluarga

Membicarakan soal keuangan kepada anggota keluarga mungkin tidak biasa bagi sebagian orang. Namun, hal ini harus dilakukan agar masalah keuangan tidak terlalu memberatkan kamu.

Cobalah jujur kepada keluarga tentang kemampuan atau batas finansialmu. Membicarakannya dengan keluarga setidaknya akan membuat bebanmu sedikit berkurang.

Penulis: Resla Aknaita Chak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.