Sukses

Rp 1,3 Miliar untuk Pengembangan UMKM Petani Sawit Rokan Hulu

Belasan anggota koperasi unit desa Tani Sejahtera di Kabupaten Rokan Hulu sumringah mendapatkan bantuan Rp1,3 miliar mengembangkan usaha mikro kecil menengah.

Liputan6.com, Pekanbaru - Belasan anggota koperasi unit desa (KUD) Tani Sejahtera di Kabupaten Rokan Hulu tersenyum lepas. Mereka sumringah karena mendapatkan bantuan mengembangkan usaha mikro kecil menengah pada tahun ini senilai Rp1,3 miliar.

Bantuan tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) dari PT Perkebunan Nusantara (PTPN) V ini tak ujuk-ujuk diberikan begitu saja. Ada sejumlah penilaian, salah satunya perkembangan usaha dan pengembalian modal usaha tahun sebelumnya yang tepat waktu.

UMKM yang dirintis anggota KUD misalnya peternakan sapi, toko ritel hingga kerajinan. Usaha itu mampu menopang penerima sebagai petani mitra binaan anak perusahaan Holding Perkebunan Nusantara III Persero itu sehingga membantu pemulihan ekonomi.

Ketua KUD Tani Sejahtera, Muhammad Nurhasan menyebut sebuah kebanggaan koperasi yang dipimpinnya dipercaya mengelola dana TJSL PTPN V.

Nurhasan berharap kerjasama ini dapat meningkatkan organisasi KUD lebih baik dimasa datang.

"Terimakasih sebesar-besarnya pada PTPN V, semoga kemitraan ini tetap berlanjut," ucap Hasan, Kamis petang, 1 September 2022.

Di sisi lain, Nurhasan mengakui masih banyak perbaikan yang dilakukan pihaknya, terkhusus anggota penerima TJSL sehingga sinergitas dengan perusahaan lebih baik lagi.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengembangan Ekonomi

Sementara itu, Senior Executive Vice President Business Support PTPN V, Rurianto, mengatakan, bantuan itu merupakan komitmen perusahaan mengembangkan ekonomi masyarakat. Terkhususnya pelaku usaha mikro dan kecil dari hulu hingga ke hilir.

Ruri menuturkan, 16 anggota KUD Tani Sejahtera mendapat dukungan penguatan pengembangan usaha, seperti penggemukan hewan ternak, ritel, dan lainnya. Bantuan ini merupakan yang kedua kali karena sebelumnya juga dikucurkan Rp1,17 miliar kepada sebagian anggota KUD.

"Mengingat usaha yang dijalankan cukup berkembang sementara pengembalian modal usaha berjalan lancar, maka perusahaan kembali mengalokasikan anggaran serupa, semoga membawa keberkahan dan kesejahteraan bagi semua," ujarnya.

Terpisah, Corporate Secretary PTPN V, Bambang Budi Santoso, menyebut KUD Tani Sejahtera didapuk sebagai koperasi terbaik di Rokan Hulu. Dia berharap kehadiran PTPN V dapat menghasilkan created share value kepada KUD.

Bambang menjelaskan, tiga tahun terakhir PTPN V kian gencar pererat hubungan kemitraan. Erick Tohir selalu Menteri BUMN juga mengetahui Pak sektor petani plasma adalah penerima kredit yang patuh dan lancar.

"Insya Allah usaha teman-teman dirahmati Allah, PTPN V selalu hadir di tengah masyarakat," kata Bambang.

3 dari 3 halaman

Bantuan Ratusan Miliar

Saat ini, lanjut Bambang, terdapat 2.398 mitra binaan aktif yang tersebar di berbagai daerah di Riau. Sejak awal berdiri, perusahaan telah mendistribusikan sedikitnya Rp103 miliar kepada lebih dari 4.000 mitra dengan sektor usaha beragam, mulai dari perdagangan, perkebunan, peternakan, jasa, hingga industri kecil.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menyebut, pihaknya menargetkan pembiayaan ke UMKM mencapai Rp386 triliun tahun ini. Penyaluran pembiayaan untuk UMKM ini akan diusahakan oleh seluruh perusahaan pelat merah.

Hal ini kembali dilontarkan Erick Thohir ketika mendampingi Presiden Joko Widodo membagikan Nomor Induk Berusaha (NIB) di Pasar Kota Jayapura, Papua. Hal ini juga pernah diungkapkan Erick saat rapat kerja dengan Komisi VI DPR.

"Kami di BUMN menargetkan realisasi pembiayaan untuk UMKM tahun ini mencapai Rp 386 triliun, ini bentuk dukungan kami agar UMKM bisa naik kelas," ungkap Erick.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.