Sukses

Sedang Menunggu Diangkat Jadi Karyawan Tetap? Berikut Tips Agar Masa 'Probation' Lancar

Liputan6.com, Bandung - Ketika lulusan baru masuk dunia kerja, ada masa yang namanya percobaan atau probation. Masa percobaan sendiri merupakan suatu proses penilaian yang diberikan oleh suatu perusahaan untuk menilai kinerja karyawan baru. Umumnya, masa probation berlaku selama tiga bulan.

Tiga bulan pertama di tempat kerja baru merupakan waktu yang tepat untuk menentukan tujuan karier, membuktikan kemampuan dan membangun ikatan sosial dengan tim. Terlebih, masa tersebut seringkali menjadi tolak ukur kinerja kamu ke depan.

Pada akhir masa percobaan tersebut, barulah perusahaan akan mengevaluasi performa kerja sang karyawan baru itu. Apakah sesuai standar kualifikasi perusahaan atau tidak.

Kalau masa percobaan lulus, maka karyawan baru berhasil memperoleh status tetap. Tak perlu takut, banyak trik yang bisa kamu terapkan untuk lolos dari masa percobaan tersebut.

Berikut tujuh hal yang sebaiknya kamu lakukan pada masa percobaan kerja.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Jangan pernah malu buat bertanya.
  2. Berikan kesan yang baik dengan pimpinan, rekan kerja, dan lingkungan.
  3. Bangun jaringan dengan rekan kerja, maupun vendor atau lembaga ekternal jika posisi/jobdesc kita ada yang menyangkut eksternal.
  4. Bertanggung jawab dengan tugas yang diberikan.
  5. Disiplin dalam hal mengerjakan tugas, mengelola waktu hingga nda telat telatan plus tidak malas-malasan.
  6. Harus bisa bersikap profesional.
  7. Berpenampilan bersih dan rapih dalam segi pakaian, rambut, sepatu dan sebagainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.