Sukses

Membeko Festival di Bontang Kuala, Bukan Sekadar Seruan Sarapan

Membeko merupakan tradisi sarapan masyarakat adat Bontang Kuala.

Liputan6.com, Bontang - Pemkot Bontang, Kalimantan Timur terus mendorong potensi pariwisata di Kota Taman ini. Hal itu dilakukan mengingat Bontang bakal menjadi daerah penyangga IKN dan daerah pasca-migas.

Salah satunya melalui Membeko Festival yang dilaksanakan di Bontang Kuala, Sabtu (27/8/2022). Membeko merupakan tradisi sarapan masyarakat adat Bontang Kuala sebelum beraktivitas, guna menjaga tubuh lebih kuat.

Ketua Pokdarwis Kuala Abadi, Halimah, menyebutkan kegiatan ini sebagai tradisi sarapan bersama secara lesehan sebelum memulai kegiatan atau rutinitas dengan ciri khas berbagai menu sarapan khas Bontang Kuala yang disajikan di atas baki bundar.

Membeko Festival ini diselenggarakan sebagai bentuk syukur akan nikmat yang telah diraih. Membeko berakar dari istilah mem, yang berarti menyuruh dan mbeko, yakni sarapan.

“Membeko artinya orang tua kami dahulu menyuruh kami untuk sarapan agar badan bugar dan penuh energi sebelum beraktivitas,“ jelas Halimah.

Kegiatan diawali dengan senam sehat, jalan santai, serta pertunjukan tari kreasi. Membeko Fest ini dihadiri langsung oleh Wali Kota Bontang Basri Rase dan Wakil Wali Kota Bontang Najirah, VP Pelayanan Umum PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) Sugeng Suedi, Wakil Ketua DPRD Bontang Agus Haris, Dandim 0908 Bontang, Wakapolres Bontang, unsur Forkopimda, Kepala OPD, Camat dan Lurah se-Bontang, Lurah Bontang Kuala Suiza Ixan Saputro.

Dalam sambutannya, Wali Kota Bontang Basri Rase mengapresiasi kegiatan yang diadakan di Kelurahan Bontang Kuala tersebut. Dia berharap kegiatan tersebut bisa diagendakan setiap tahun dan menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Bontang.

Tak lupa Basri berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu terselenggaranya Membeko Fest, terkhusus PT. Pupuk Kaltim yang telah menjadi sponsor utama kegiatan tersebut.

Tahun ini Pemkot Bontang telah menandatangani MoU kerjasama dalam hal pariwisata dengan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan akan dilanjutkan dengan rapat teknis untuk pengembangan pariwisata dan UMKM di Kota Bontang.

“Semua potensi pariwisata di Kota Bontang akan kita gali serta kita kembangkan, dan salah satunya adalah kegiatan Membeko Fest ini,” ucap Basri.

Sementara itu, VP Pelayanan Umum Pupuk Kaltim, Sugeng Suedi, mengatakan Pupuk Kaltim selalu turut serta dalam menjaga warisan budaya dan adat istiadat di Kota Bontang, oleh sebab itu Pupuk Kaltim sangat mendukung terselenggaranya Membeko Fest. Membeko Fest diharapkan dapat melestarikan kebudayaan dan mendorong sektor ekonomi sehingga membangkitkan roda perekonomian di Kota Bontang terkhusus di Bontang Kuala.

“Dalam kesempatan ini saya meminta dukungan dari pemerintah dan masyarakat Kota Bontang untuk dapat terus mendukung Pupuk Kaltim agar dapat beroperasi dengan baik dan lancar, sehingga Pupuk Kaltim dapat terus memberikan dukungan seperti ini terus untuk Kota Bontang di masa-masa yang akan datang,” pungkasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Suguhan di 45 Baki

Lurah Bontang Kuala, Suiza Ixan Saputro, menambahkan Membeko merupakan salah satu upaya melestarikan adat budaya di Bontang Kuala. Kegiatan ini pun diyakini bisa menjadi daya tarik untuk meningkatkan potensi wisata yang mengedepankan kearifan lokal masyarakat sekitar.

Ia juga menuturkan Bontang Kuala, baru saja menerima penghargaan anugerah desa wisata Indonesia, masuk 300 besar dari 3.419 desa wisata yang ada di Indonesia dan juga sebagai tindak lanjut dari instruksi Wali Kota Bontang, di mana setiap OPD diminta menggelar festival budaya lokal.

“Ini akan menjadi agenda tahunan, dengan harapan destinasi wisata andalan Bontang Kuala bisa semakin dilirik wisatawan,” ujarnya.

Acara Membeko Fest dinyatakan resmi dibuka dengan pemukulan gong sebanyak tiga kali oleh Wali Kota Bontang Basri Rase yang dilanjutkan dengan Membeko atau sarapan bersama dengan lesehan langsung dari nampan bundar yang telah disediakan oleh panitia.

Suguhannya 17 makanan pendamping, 8 jenis makanan khas Bontang Kuala, dan 45 baki hidangan yang melambangkan tanggal kemerdekaan RI. Di tengah-tengah kegiatan Membeko itu juga dilakukan pencabutan 77 kupon doorprize untuk para peserta kegiatan Membeko Fest.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.