Sukses

5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Merawat Kucing di Rumah Agar Tetap Sehat

Kucing memang hewan menggemaskan, namun perlu diketahui bahwa dalam menjaga dan merawat kucing harus menjadi perhatian utama kita.

Liputan6.com, Bandung - Kucing menjadi salah satu hewan peliharaan yang banyak disukai oleh orang-orang. Biasanya orang yang merawat kucing memanggilnya dengan sebutan 'anabul' atau anak bulu.

Kucing memang hewan menggemaskan, namun perlu diketahui bahwa dalam menjaga dan merawat kucing harus menjadi perhatian utama kita.

Seperti yang kita ketahui kucing merupakan mahluk hidup di mana kita harus bertanggung jawab untuk merawatnya dengan baik dan benar agar tidak tersiksa. Cara makan dan kesehatannya pun harus terjaga dengan baik.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat kucing kesayangan di rumah.

1. Memberikan makanan dan minuman yang bernutrisi

Memberikan makanan untuk kucing harus dilakukan untuk menjaga kesehatan kucing. Tidak hanya itu, kamu juga harus memberikannya makanan yang cocok untuk kucing.

Tidak hanya makanan yang berkualitas namun juga harus diperhatikan nutrisinya, baik untuk kesehatannya maupun perhatikan makanan yang menjaga bulunya, kesehatan mata hingga jantungnya.

Selain makanan, minuman pun harus kamu perhatikan dan pastikan kucing minum air yang bersih dan segar. Pastikan kamu selalu mengganti air minum kucingmu.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

2. Siapkan tempat tidur yang nyaman

Hal lain yang harus diperhatikan adalah tempat tidur dari kucing. Kamu bisa menyiapkan tempat tidur yang nyaman agar kucing kamu dapat beristirahat dengan aman dan nyaman, tak lupa juga harus kamu perhatikan kebersihannya.

3. Persiapkan kotak pasir

Selain tempat tidur, kamu juga harus memperhatikan tempat kucing akan pup. Kotak pasir yang menjadi toiletnya perlu kamu perhatikan dan buat.

Kamu bisa menggunakan pasir yang jenisnya aman untuk kucingmu. Kemudian harus memperhatikan juga kebersihan dari kotak pasir kucing yang selalu harus kamu bersihkan jika kotoran kucing sudah penuh.

3 dari 3 halaman

Berikutnya

4. Rutin memberikan perawatan kucing

Hal penting dalam memelihara kucing adalah memberikannya perawatan yang maksimal. Misalnya kamu harus rajin menyisir bulunya, membersihkan giginya, ataupun jika kamu membiarkan kucingmu main keluar harus rajin kamu lap atau mandikan karena bisa jadi banyak kuman dan kotoran di luar sana.

5. Periksa ke dokter hewan

Tentunya hal utama yang harus diperhatikan dalam merawat kucing adalah kesehatan dari kucing itu sendiri dimana agar kita dapat mendeteksi apakah kucing kita sehat dan untuk mendeteksi adakah penyakit pada kucing kita.

Pemberian vaksin dan obat cacing menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan kepada kucing, maka dari itu penting untuk membawa kucing ke dokter hewan hanya untuk diperiksa.

Penulis: Natasa K

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.