Sukses

Aplikasi Saham Ajaib dan Stockbit Sempat Alami Gangguan, Layanan Kini Sudah Normal

Liputan6.com, Bandung - Aplikasi perdagangan saham, Ajaib, disebut mengalami gangguan. Hal itu terlihat dari banyaknya cuitan di Twitter yang mengeluhkan bahwa aplikasi tersebut tidak dapat diakses, Rabu (10/8/2022).

Informasi yang diperoleh, gangguan tersebut datangnya dari pihak ketiga. Notifikasi itu muncul pada saat pengguna aplikasi Ajaib membuka aplikasinya tersebut. 

"Mohon diperhatikan. Saat ini sedang terjadi gangguan dari pihak ketiga, transaksi saham mungkin tidak dapat diakses," tulis pemberitahuan yang tertulis dalam aplikasi Ajaib.

Gangguan yang terjadi dari para pengguna adalah tidak adanya tampilan saldo, jumlah return, hingga tampilan portofolio. Hal itu membuat pengguna atau investor tidak bisa bertransaksi dan melihat pembukaan pasar.

Adanya gangguan ini banyak dikeluhkan oleh para pengguna karena merasa dirugikan pada saat error tersebut terjadi. Bahkan, beberapa di antaranya merasa kecewa dan meminta adanya permintaan maaf dari sistem yang error tersebut.

Seperti beberapa keluhan yang ditautkan ke akun sosial media Ajaib yaitu @ajaib_investasi.

“Kok tutup mulut atau ga ada permintaan maaf/pertanggung jawaban ya? Ini banyak yg jadi auto rugi karna sistem kalian error tanpa pemberitahuan sama sekali loh. Kok diem2 aja?”. Tulis akun Twitter @Silves_chrisya

“Pagi ini banyak yg tidak bisa beraktifitas jual beli saham dikarenakan aplikasi @ajaib_investasi & @Stockbit error..” kata akun twitter @krtmlm. 

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Gangguan Pada Stockbit

Gangguan yang terjadi pada aplikasi saham tidak hanya terjadi pada aplikasi Ajaib, tetapi juga aplikasi Stockbit. Dilihat dari sosial media Instagram mereka @stockbit membuat klarifikasi serta permintaan maaf. Berikut isi pesannya.

"Kami minta maaf terkait gangguan sistem yang disebabkan oleh pihak ketiga sehingga area trading tidak dapat diakses pagi hari ini. Tim Stockbit telah mengatasi kendala ini dan pengguna Stockbit sudah dapat melakukan aktivitas trading kembali. Dengan ini kami juga menginformasikan bahwa seluruh transaksi jual dan beli periode 10-19 Agustus 2022 tidak akan dikenakan biaya broker. Untuk transaksi tanggal 10 Agustus, biaya broker yang dipotong akan dikembalikan ke saldo pengguna dalam bentuk cashback sebelum jam 12.00 WIB tanggal 11 Agustus, dan semua transaksi tanggal 11-19 Agustus tidak akan dipotong biaya broker. Mohon maaf atas ketidaknyamananya," tulis akun Instagram @stockbit.

Kemudian para nasabah di kolom komentar Stockbit juga mengeluhkan rasa kecewanya seperti berikut 

"Loss nya gak sebanding dengan biaya broker!," tulis akun Instagram @ryan_jatmikoo di kolom komentar Instagram Stockbit.

3 dari 4 halaman

Selanjutnya

Manajemen Ajaib Sekuritas menyatakan seluruh layanan telah beroperasi normal usai alami gangguan yang disebabkan partner pihak ketiga. Ajaib memastikan seluruh dana aman.

Direktur Utama PT Ajaib Sekuritas Asia Anna Lora menuturkan, gangguan disebabkan oleh partner pihak ketiga telah beroperasi normal. Ajaib memastikan seluruh dana dan portofolio pengguna tetap aman.

"Kami akan terus bekerja sama dengan partner pihak ketiga untuk memastikan hal tersebut tidak terjadi lagi," ujar dia dalam keterangan tertulis, Rabu (10/8/2022).

Ia menuturkan, Ajaib secara aktif menerapkan dan memperbaruhi berbagai fitur keamanan agar pengguna dapat terus bertransaksi secara aman dan nyaman sebagai bentuk komitmen perseroan untuk memberikan layanan terbaik kepada pengguna.

"Jika membutuhkan informasi lebih lanjut, pengguna Ajaib dapat menghubungi Customer Service Ajaib di email support@ajaib.com," kata dia.

Untuk saat ini, klarifikasi atau permintaan maaf dari aplikasi ajaib sendiri belum ada dan laman akun sosial media Instagramnya juga tidak bisa dikomen atau dinon-aktifkan.

4 dari 4 halaman

Berikutnya

PR & Corporate Communication Lead Stockbit, William menuturkan, terkait aplikasi Stockbit saat ini terjadi gangguan sistem yang disebabkan oleh pihak ketiga. Tim Stockbit pun segera berkoordinasi untuk menyelesaikannya. Manajemen Stockbit pun meminta maaf atas ketidaknyamanan tersebut.

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang pengguna/investor rasakan akibat adanya gangguan ini. Kepada para pengguna, kami juga ingin menginformasikan bahwa untuk seluruh transaksi jual dan beli saham selama tanggal 10-19 Agustus 2022. Stockbit akan menggratiskan biaya broker," ujar dia saat dihubungi Liputan6.com, dikutip Rabu (10/8/2022).

William pun menyatakan saat ini fitur trading sudah kembali digunakan. “Untuk fitur trading di Stockbit sudah kembali dapat digunakan.” kata dia.

Penulis: Natasa K

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS