Sukses

5 Masakan Khas Sunda yang Cocok untuk Menu Diet Kamu

Salah satu menu makanan yang dapat mendukung program diet kamu adalah makanan khas Sunda.

Liputan6.com, Bandung - Dalam mendapatkan bentuk tubuh ideal yang diharapkan oleh seseorang, ada banyak sekali cara yang dapat dilakukan. Salah satunya dengan memperhatikan pola makan dan jenis makanan seperti apa yang akan dimasukkan ke dalam tubuh kita.

Ada banyak sekali menu makanan diet yang bisa dicoba untuk mendukung keberhasilan program diet tersebut. Mengingat yang terpenting adalah tubuh membutuhkan asupan yang memenuhi kebutuhan tubuh yaitu protein, nutrisi, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral.

Menu makanan diet sebetulnya bebas saja makanannya asalkan memenuhi kebutuhan tubuh. Juga jangan makan terlalu berlebihan.

Biasanya makanan diet dianggap tidak enak dan tidak dapat dinikmati. Namun, faktanya makanan diet sama saja dengan makanan normal lainnya asalkan kita dapat mengolahnya dengan benar dan makan sesuai porsi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Salah satu menu makanan yang dapat mendukung program diet kamu adalah makanan khas Sunda. Jika kalian bosan hanya makan dengan salad, sayur yang diolah kurang menarik.

Makanan Sunda dapat menjadi alternatif menu untuk diet kalian karena ada banyak menu yang rendah kalori serta penuh nutrisi. Berikut adalah lima menu makanan khas Sunda yang dapat menjadi menu diet kamu.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Karedok

1. Karedok

Karedok merupakan makanan khas Sunda yang dibuat dari bahan-bahan sayuran mentah seperti terong, mentimun, kol, taoge, daun kemangi, kacang panjang, leunca, ataupun ubi. Bisa dibilang karedok seperti salad, tetapi saus yang digunakan merupakan bumbu kacang yang berpadu dengan bumbu lainnya seperti cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, gula, garam air asam, dan terasi.

Maka dari itu, karedok dapat menjadi menu diet kalian. Namun jangan terlalu banyak menggunakan bumbu kacangnya, sesuaikan dengan porsi dan kebutuhan tubuh kita.

2. Lotek

Selanjutnya adalah menu lotek. Sama seperti karedok, lotek merupakan makanan yang terdiri dari sayur-sayuran segar, tetapi telah direbus.

Lotek juga menggunakan saus kacang sebagai bumbunya. Lotek sendiri juga dapat dinikmati dengan lontong ataupun nasi hangat.

Menu lotek dapat menjadi inspirasi menu diet kalian jika ingin sayuran segar dengan rasa yang manis dan gurih khas bumbu kacang.

3 dari 3 halaman

Pepes

3. Pepes

Pepes atau pais merupakan menu makanan sunda yang dibalut dengan daun pisang sebagai bungkusannya, sementara cara memasaknya adalah dengan cara dikukus. Pepes sendiri ada berbagai macam isiannya seperti ayam, ikan, tahu, dan masih banyak lagi.

Pepes menjadi cocok menjadi menu diet tidak hanya karena cara mengolahnya yang dikukus, tetapi juga karena pepes mengandung banyak nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

4. Rujak Bebek

Rujak bebek atau bebeg merupakan makanan Sunda yang cukup populer karena rujak bebek merupakan campuran dari buah yang ditumbuk bersama bumbu gula merah. Ada banyak variasi dari rujak bebek sendiri karena dapat menggunakan buah-buahan sesuai selera kita.

Rujak bebek yang pedas, asam ataupun manis dapat menjadi menu diet untuk kalian yang ingin memberikan mulut rasa yang menyegarkan.

5. Kupat Tahu                        

Kupat tahu merupakan makanan khas Sunda yang memiliki bahan dasar dari ketupat, tahu, tauge serta kol. Kupat tahu sendiri dicampur dengan bumbu kacang serta kecap dan dapat ditambah dengan lontong.

 

Penulis: Natasa K

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.