Sukses

Kapal Penumpang Antar-Pulau di Mentawai Terbakar

Kapal tersebut merupakan kapal penumpang yang menghubungkan tiga pulau di Mentawai.

Liputan6.com, Mentawai - Kapal penumpang antarpulau bermerek KM Beriloga terbakar di KM 0, Pelabuhan Tuapeijat Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar) pada Rabu (13/7/2022) siang. Peristiwa itu juga terekam kamera dan videonya beredar di jagat maya.

Dari video yang beredar, api dan asap hitam membumbung tinggi di bagian atap kapal menuju bagian depan dan belakang kapal, sehingga menimbulkan kepanikan di sekitar lokasi kebakaran.

Video itu juga terlihat berbagai jenis kapal lainnya di sekitar kapal terbakar itu, di antaranya yaitu kapal patroli milik polisi, kapal SAR Mentawai, kapal milik penumpang, dan jenis kapal lainnya.

Informasi yang dihimpun, kapal tersebut merupakan kapal penumpang yang menghubungkan masyarakat di tiga pulau, yakni Pulau Pagai, Pulau Sipora, dan Pulau Siberut.

Salah seorang saksi mata, Arif Yumardi mengatakan ia sedang berada di dekat kapal ketika api mulai membumbung tinggi.

"Tadi saya sedang di sebuah kedai di dekat pelabuhan, tiba-tiba sudah terlihat asap yang membumbung dari kapal tersebut," katanya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belum Ada Keterangan Resmi

Ia mengatakan pada saat api membesar, cuaca sedang terik dan angin bertiup kencang di sekitar dermaga yang memicu api cepat membumbung tinggi.

"Api terlihat pertama kali dari atap kapal," ujarnya.

Terkait apakah ada korban jiwa atau dampak dari peristiwa itu, otoritas setempat belum mengeluarkan pernyataan resmi.

Sementara Kepala SAR Mentawai, Akmal mengatakan pihaknya masih mengumpulkan data-data atas kejadian itu. Pihaknya belum bisa memberikan informasi lebih lengkap.

"Masih mengumpulkan data," kata Akmal kepada Liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.