Sukses

Catat, Jadwal dan Harga Tiket Konser Dream Theater di Solo

Liputan6.com, Solo - Promotor Rajawali Indonesia memastikan grup band asal Amerika Serikat, Dream Theater akan menggelar konser di Solo, Rabu (10/8/2022) mendatang. Kota kelahiran Presiden Jokowi itu menjadi satu-satunya kota di kawasan Asia Tenggara yang dipilih untuk menggelar konser band beraliran progressive metal.

Kepastian Dream Theater akan menggelar konser di area parkir A dan B Stadion Manahan, Solo itu disampaikan langsung oleh pendiri Rajawali Indonesia, Anas Syahrul Alimi. Menurutnya, phak manajemen grup band legendaris itu akhirnya menerima tawaran untuk manggung di Kota Solo setelah melakukan pembicaraan yang intensif. Apalagi Kota Solo juga sudah didukung oleh bangunan infrastruktur

"Kenapa harus di Solo gitu? Jadi kami ini penganut bahwa Indonesia itu bukan hanya Jakarta, Indonesia itu ada Jogja, Solo, Malang, Surabaya dan lainnya. Bagi kami kota lain yang sudah punya infrastruktur cukup layak ya layak dikunjungi oleh artis-artis besar dunia," jelasnya di Hotel Alila, Rabu (29/6/2022).

Solo sebenarnya bukan pilihan pertama untuk tempat manggung grup band ini. Anas menceritakan jika Dream Theater telah dijadwakan untuk manggung di Ancol, Jakarta pada 2020 lalu. Hanya saja konser itu ditunda lantaran pemerintah mengumumkan kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia.

"Jadi waktu itu harusnya tahun 2020 di Ancol tanggal 16 April, tetapi karena pandemi tanggal 2 Maret 2020 diumumkan oleh Presiden sehingga kita postpone dan baru dapat jadwal lagi tanggal 10 Agustus ini," jelasnya.

 

2 dari 2 halaman

Solo Pertama di Asia

Konser Dream Theater di Solo begitu istimewa. Solo menjadi konser pembuka dalam rangkaian Top of The World Tour di kawasan Asia. Rencananya setelah dari Solo, grup band asal Amerika Serikat itu akan melanjutkan konser ke Jepang pada Minggu (14/8/2022).

"Hanya ada dua negara di Asia, ke Solo dulu abis itu ke Jepang dan balik lagi. Ini yang patut berbangga Dream Theater mau datang ke Solo," ujar dia.

Rencananya konser di Solo itu akan menyediakan sebanyak 10 ribu tiket. Anas mengungkapkan bahwa penjualan tiket melalui tiketapasaja.com akan mulai dijual pada 1 Juli 2022.

"Dari 10.000 tiket, ternyata ada 3.000 tiket yang tidak melakukan refund untuk konser Dream Theater 2020 lalu. Jadi kuota tiket yang nanti akan kita rilis ada di sekitar 6.000 – 7.000 tiket. Untuk tiket kategori Festival A harganya Rp1 juta dan kategori Festival B seharga Rp750 ribu," jelasnya.

Harga tiket tersebut akan naik ketika pembelian dilakukan on the spot. Berdasarkan laman Instagram @rajawaliindonesia, harga tiket on the spot untuk kelas Festival A akan naik menjadi 1,5 juta. Sedangkan, untuk tiket kategori Festival B akan naik menjadi Rp1 juta.

Sementara itu Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengatakan penunjukan Solo menjadi lokasi konser grup band Dream Theater menjadi salah satu upaya untuk mempercepat pemulihan ekonomi dampak dari pandemi Covid-19. Putra sulung Presiden Jokowi itu berharap konser tersebut dapat menghibur para pecinta musik keras di Tanah Air.

"Kami menyambut baik terutama event internasional seperti ini yang ada di Solo. Ini juga untuk mengobati rasa kengen anak muda di Solo yang mencintai musik keras. Kemarin sempat ada rangkaian Rock In Solo tapi kan masih terbatas," ucapnya.

 

Simak video pilihan berikut ini: