Sukses

Kasus Melandai, Rumah Sakit di Balikpapan Mulai Menutup Poli Covid-19

Melandainya kasus Covid-19, sejumlah rumah sakit di Kota Balikpapan mulai menghentikan screening Covid dan menutup poli Covid-19, hal ini dilakukan untuk memulihkan pelayanan pasien non Covid-19.

Liputan6.com, Balikpapan - Melandainya kasus Covid-19 di Kota Balikpapan dan telah tertangani dengan baik, sejumlah rumah sakit mulai meniadakan screening Covid-19.

Salah satunya yang diterapkan Rumah Sakit Kanujoso Djatiwibowo (RSKD) Balikpapan, yang kini telah menghentikan screening pasien untuk rawat inap dan operasi. Hal ini diungkapkan oleh Direktur RSKD Balikpapan, Edi Iskandar.

Dia menyebut dihentikannya screening ini lantaran kasus Covid-19 sudah sangat berkurang. "Iya (sudah dihentikan screening), untuk kasus (Covid-19) sudah sangat berkurang," sebut Edi, pada Selasa (7/6/2022).

Selain meniadakan screening Covid-19, sejak tanggal 1 Juni lalu, pelayanan pemeriksaan Covid-19 di Poli Covid RSKD juga telah ditutup.

"Ini juga untuk pemulihan pelayanan supaya pasien non-Covid yang sudah mulai memerlukan perawatan bisa kembali di rawat seperti semula, karena pasien terus meningkat," papar Edi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

RSUD Beriman Balikpapan Layanan Covid Belum Dihentikan

Berbeda di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Beriman Balikpapan layanan screening maupun Poli Covid-19 belum dihentikan. Hal ini merupakan bentuk kesiapsiagaan RSUD ketika adanya pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Sampai saat ini, screening dan Poli Covid masih kita buka, ini hanya untuk kesiapsiagaan saja," timpal Plt Direktur RSUD Beriman Balikpapan, Indah Puspitasari.

Dia menyebut, saat ini di RSUD Beriman kasus Covid-19 memang sudah tidak ada lagi. "Enggak ada pasien Covid yang dirawat, mudahan seterusnya enggak ada," pungkasnya.

Saat ini, di tengah melandainya kasus Covid-19 pemerintah juga mengeluarkan sejumlah kebijakan pelonggaran yang membuat aktivitas masyarakat kembali normal.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.