Sukses

Pemanasan ala Pasoepati Mboergadoel Beri Dukungan Persis Solo Jelang Laga Pra-Musim

Banyak dilakukan suporter atau pendukung klub di neegri ini dalam memberikan dukungan kepada klub yang disukainya. Namun, berbeda dengan yang dilakukan oleh Pasoepati, pendukung fanatik Persis Solo. Apa itu?

Liputan6.com, Solo - Ada banyak cara yang dilakukan oleh suporter atau pendukung fanatik klub sepak bola di Indonesia, khususnya jelang kompetisi pramusim. Seperti yang dilakukan oleh Pasoepati Mboergadoel, sebutan untuk suporter Persis Solo yang biasa menduduki tribun Mboergadoel (mburi gawang kidul/belakang gawang selatan) untuk pemasan jelang pramusim Piala Presiden 2022.

Seperti diketahui sepak bola tanpa penonton diberlakukan semenjak masa pandemi Covid-19, tetapi saat ini pemerintah sudah mulai melonggarkan beberapa kegiatan masyarakat dalam skala besar lantaran kondisi pandemi mulai menurun tingkat penyebarannya. Hal itu tentu menjadi angin segar untuk para suporter di Tanah Air, yang dua tahun harus bersabar menyaksikan pertandingan sepak bola hanya dari layar kaca.

Untuk mempersiapkan atau pemanasan mendukung tim yang disukainya, Pasoepati Mboergadoel mengundang perwakilan manajemen Persis Solo dan menggelar acara panggung musik dengan penerapan protokol kesehatan.

Acara yang mengambil tema 'let's start the games' itu dihadiri sekitar 500 suporter dan mengundang band The Working Class Symphony, pencipta lagu Satu Jiwa yang merupakan anthem Laskar Sambernyawa itu.

Agoes Warsoep penanggung jawab acara itu mengatakan, ini merupakan perayaan tertunda. Acara yang rencananya akan digelar pada Januari 2022 lalu itu terkendala PPKM yang masih berlangsung.

"Kegiatan ini adalah pemanasan dari Mboergadoel dengan mengundang seluruh suku, korwil, dan komunitas lain yang sama-sama mendukung Persis Solo jelang kompetisi pramusim dan kompetisi resmi. Intinya pemanasan satu suara saat di tribun nanti biar semakin Sakjose untuk Persis Solo," kata Agoes kepada Liputan6.com di Solo, Senin (6/5/2022).

Dirinya menyebut kegiatan itu menjadi ajang menyatukan satu suara untuk klub yang disukainya itu meski di dunia suporter banyak komunitas dengan ragam nama. 

"Ajang kumpul sesama pendukung Persis Solo agar saat di stadion nanti kita bisa satu suara walau komunitas kita berbeda-beda, tapi pada hakikatnya tujuan kita sama yaitu memberikan dukungan kepada Laskar Sambernyawa," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tuan Rumah Piala Presiden

Ia meminta kepada skuad Laskar Sambernyawa dalam mengarungi kompetisi pramusim dan kompetisi resmi mendatang semakin gacor dan menjadi tim yang patut diperhitungkan oleh lawannya.

"Pemain Persis Solo harus bermain dengan hati, semua juga ingin timnya jadi tim menangan, tapi kita akan terus memberikan dukungan dalam kondisi apa pun. Intinya berjuang dengan hati, target juara dan go Asia," katanya.

Sementara itu, Perwakilan Manajemen, Erwin Widiyanto mengatakan kedatangan ke acara tersebut atas undangan dari Pasoepati Mboergadoel untuk ngobrol santai membahas tentang berbagai isu sepak bola khususnya Persis Solo.

"Terima kasih atas dukungan suporter hingga saat ini kepada Persis Solo. Ada sharing dan ngobrol santai bagaimana persiapan tim jelang pramusim," kata Erwin kepada Liputan6.com di Solo. 

Pada kesempatan itu, ia menyinggung persiapan tim dan manajemen yang akan menjadi tuan rumah dan laga pembuka ajang pramusim Piala Presiden 2022. Di waktu bersamaan Persis Solo tengah menjalani uji coba bersama Bali United FC. Namun, pihak manajemen sengaja tidak membuka laga tersebut untuk ditonton untuk umum.

"Kita ketahui Persis Solo dipercaya sebagai tuan rumah, kita ada prioritas sebagai tuan rumah jadi kita fokus persiapan. Karena, kalau kita share dan semua boleh nonton, prepare kita jadi tertunda," tutur dia.

Sementara itu, beberapa hari jelang pembukaan kompetisi pramusim itu, pihaknya mengaku sudah melakukan persiapan dan siap menjadi tuan rumah.

"Kami sudah persiapkan untuk tiketing dan pembagian gate untuk suporter tuan rumah dan tamu. Untuk persiapan kita sudah 80 persen dan untuk tim sendiri kita sudah 80 persen tinggal 2 pemain asing (1 pemain sudah dirilis) yang akan kita datangkan ke Indonesia," ucap Erwin.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.