Sukses

Ramai-Ramai Mahasiswa UMY ke Muara Sungai Bogowonto, Ada Apa?

Liputan6.com, Yogyakarta - Sebanyak 300 orang mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bertandang ke muara Sungai Bogowonto, Selasa (24/5/2022). Mereka melihat proyek pengaman muara Sungai Bogowonto Kawasan Strategis Nasional (KSN) Yogyakarta International Airport (YIA) sisi timur.

Bukan hanya mahasiswa, ada 25 panitia dan empat dosen pendamping yang ikut mengunjungi lokasi tetrapod dan pembangunan jetty (bangunan menjorok ke pantai di kedua sisi muara).

Menurut dosen pendamping Guntur Nugroho, mahasiswa teknik sipil UMY beramai-ramai berkunjuk ke muara Sungai Bogowonto untuk mengikuti kuliah kunjungan lapangan regional. Kegiatan yang dikenal dengan istrilah bridging ini sebagai jembatan bagi mahasiswa baru Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik UMY supaya mengerti pengaplikasian ilmu teknik sipil secara langsung di suatu proyek.

“Dan juga tentunya kegiatan ini memiliki relevansi dengan mata kuliah mengenai hidrologi,” ujarnya, dalam siaran pers, Rabu (25/5/2022).

Untuk meminimalkan penyebaran Covid-19, seluruh peserta, baik dosen, mahasiswa, maupun panitia, dalam kegiatan ini wajib memenuhi syarat sudah menerima vaksin bosster. Pemberangkatan peserta juga dilakukan dengan sistem kloter.

Kloter pertama diberangkatkan pada pukul 07.00 WIB dan kloter kedua diberangkatkan pada pukul 13.00 WIB. Kegiatan ini berjalan dengan pengawasan ketat dari pihak keselamatan dan kesehatan kerja proyek pengaman sungai Bogowonto KSN YIA sisi Timur.

Saksikan video pilihan berikut ini: