Sukses

Unnes Semarang Gandeng Turnitin Tingkatkan Integritas Akademik

Feedback Studio membantu siswa memperkuat keterampilan menulis mereka melalui umpan balik yang dipersonalisasi dan dapat ditindaklanjuti selama proses penulisan.

Liputan6.com, Semarang - Universitas Negeri Semarang (UNNES) menggandeng penyedia teknologi pendidikan global Turnitin untuk mendukung serta memberikan solusi dalam mewujudkan integritas dan penilaian akademik.

Kemitraan ini semakin diperkuat setelah adopsi Turnitin Feedback Studio di seluruh universitas oleh UNNES pada Januari lalu. UNNES pertama kali mulai menggunakan Feedback Studio pada 2019 untuk menegakkan integritas akademik dalam pengoperasian kelas sehari-hari dan untuk memperbaiki tugas kuliah yang dikirimkan secara online.

Feedback Studio membantu siswa memperkuat keterampilan menulis mereka melalui umpan balik yang dipersonalisasi dan dapat ditindaklanjuti selama proses penulisan. 

Feedback Studio juga membantu mahasiswa untuk memeriksa kesamaan teks dalam tugas menulisnya dan sekaligus memberikan panduan tata bahasa. Di samping itu Fakultas yang ada di UNNES menggunakan Feedback Studio untuk menyederhanakan alur kerja dan memberikan umpan balik berdasarkan data yang dapat ditindaklanjuti bagi mahasiswa untuk memungkinkan pembelajaran otentik.

Alat ini berfungsi di semua jenis kelas baik itu secara langsung, jarak jauh, dan hybrid, alat ini membantu menegakkan integritas akademik, dan mendorong pemikiran asli bagi mahasiswa. 

“Kami merasa bangga dapat membantu lebih banyak lagi siswa dan pendidik di Indonesia melalui proses akademis mereka,” kata Yovita Marlina, Senior Manager of Customer Growth untuk Turnitin wilayah Asia Tenggara, Kamis (19/5/2022).

Dia berharap dapat memperluas kerjasama kami dengan UNNES dalam menyediakan layanan yang dapat diandalkan. Teknologi pendidikan yang mendukung tegaknya budaya integritas dan akuntabilitas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Integritas

Kepala Divisi Kampus Cerdas Digital Universitas Negeri Semarang Vitradesie Noekent menyatakan,  untuk menyelaraskan upaya dengan agenda nasional yaitu meningkatkan integritas akademik.

"Kami bermitra dengan Turnitin untuk memastikan bahwa integritas adalah inti dari pendidikan di Universitas Negeri Semarang,” katanya.

Turnitin Feedback Studio, kata dia, membantu  membangun Zona Integritas yang kuat di dalam Universitas. 

"Turnitin Feedback Studio memiliki fitur solusi yang membantu kami mengatur diri sendiri dan memeriksa standar akademik tertinggi, kami dapat dengan percaya diri mendukung siswa kami untuk menjadi warga negara yang berintegritas," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.