Sukses

Habiskan Akhir Pekan dengan Nonton Balkonjazz Festival 2022 di Borobudur

Liputan6.com, Yogyakarta - Balkonjazz Festival 2022 kembali digelar untuk kedua kalinya pada Sabtu (14/05/2022). Wisata festival musik dan UMKM ini digelar di vanue Gasblock Balkondes PGN Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Bertajuk The Energy That Heals, Balkonjazz Festival 2022 akan menghadirkan  banyak penyanyi populer sebagai sumber energi. Balkonjazz Festival kedua ini akan dimeriahkan oleh Kahitna, Pamungkas, Adhitia Sofyan, Dere, Rendy Pandugo, Juicy Luicy, Coldiac, Megantoro, dan Raisa Anggiani.

Antusiasme penonton terlihat dalam pergelaran ini. Tiket yang dijual dengan harga Rp 150.000, Rp 300.000, Rp 400.000, dan Rp 750.000 sudah ludes dibeli 1.500 penonton.

Balkonjazz Festival 2022 yang menggabungkan musik dan UMKM ini tak sekadar menghibur penonton saja.

Bakkar Wibowo, founder Balkonjazz Festival sekaligus promotor dari Sinergi Live, menjelaskan hadirnya festival ini juga untuk mendukung tumbuhnya geliat ekonomi masyarakat lokal melalui pertunjukkan hiburan.

Ia merasa keterlibatan dan partisipasi masyarakat lokal perlu dilakukan.

"Kebahagiaan yang didapat dari para pengunjung dan penonton festival itu juga menjadi bagian yang terintregrasi dengan kebahagiaan yang diraih oleh masyarakat lokal," ucap Bakkar.

Bakkar menegaskan melibatkan masyarakat lokal dalam pelaksanaan festival sudah terjadi di berbagai tempat dan negara. Balkonjazz festival kali ini pun melihat bahwa penguatan ekonomi masyarakat lokal dengan festival bukan lagi hanya sekedar jargon.

"Kelak akan muncul sinergi dari sebuah pesta hiburan yang memberikan manfaat bagi masyarakat lokal," ucap Bakar.

Hal ini dibuktikan dengan hadirnya pasar balkon dalam festival ini. Pasar balkon yang digelar di dalam venue diperuntukkan dan akan dikelola secara khusus oleh warga lokal untuk menjual semua produk hasil masyarakat setempat.

Kegiatan ini tentu diapresiasi banyak pihak. Salah satunya Sekretaris Perusahaan PT Pertamina Gas Negara (PGN) Tbk, Rachmat Hutama.

Rachmat Hutama menilai gelaran ini menjadi bagian integral dari pelaksanaan komitmen ESG (Environmental, Social & Governance) yang ada di Pertamina Group. Ia juga melihat event yang melibatkan banyak pihak ini menjadi cara untuk menguatkan sinergi antar stakeholders.

“Sajian yang dikemas melalui musik festival ini tentunya memperkuat gagasan besar ekosistem pengembangan lingkungan, sosial dan pemerintahan. Di sinilah sinergi itu terjadi,” ucap Rachmat.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Direktur Utama PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (persero), Edy Setijono. Ia melihat Balkonjazz Festival sebaga salah satu usaha nyata dalam memperkenalkan destinasi non candi.

Menurut Edy, pengembangan pariwisata tidak hanya boleh terpusat pada satu tempat maupun wisata candi saja.

"Tentunya ke depan, Balkonjazz Festival ini juga bisa menarasikan maupun memperkenalkan kepada publik kearifan lokal maupun potensi heritage yang ada di tempat penyelenggaraannya,” ucap Edy.

(Tifani)

Saksikan video pilihan berikut ini: