Sukses

Antisipasi Kemacetan Arus Mudik, Rekayasa Lalu Lintas Dilakukan di Exit Tol Tebing Tinggi

Liputan6.com, Tebing Tinggi Kepala Kepolisian Sumatera Utara (Kapolda Sumut) Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak mengatakan, arus lalu lintas diprediksi meningkat saat mudik lebaran. Salah satunya arus lalu lintas di Tol Tebing Tinggi.

Dikatakan Panca, melalui Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi, untuk mengantisipasi kemacatan di Tol Tebing Tinggi, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumut bekerja sama Jasa Marga akan melakukan skema rekayasa lalu lintas.

"Dengan skema rekayasa lalu lintas ini, diharapkan dapat mengantisipasi jika terjadi kemacatan di exit Tol Tebing Tinggi selama mudik lebaran maupun arus balik," ungkapnya, dalam keterangan diperoleh Liputan6.com, Minggu (24/4/2022).

Kapolda Sumut telah meninjau kesiapan Tol Tebing Tinggi bersama Wakapolda Sumut, Brigjen Dadang Hartanto, Dirlantas Kombes Indra Darmawan Iriyanto, dan Kabid Humas Kombes Hadi Wahyudi, Jumat, 22 April 2022.

"Hasil peninjauan, pengelola Tol Tebing Tinggi siap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang melakukan perjalanan mudik," sebut Kapolda Sumut.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

2 dari 4 halaman

Masyarakat Diimbau Mudik Lebih Awal

Kapolda Sumut, Panca Putra, mengimbau agar warga Sumut untuk melaksanakan perjalanan mudik lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah lebih awal, untuk mengantisipasi kepadatan dan kemacetan lalu lintas saat puncak arus mudik.

"TNI dan Polri akan memberikan rasa aman nyaman dalam perjalanan mudik atau balik," sebutnya.

3 dari 4 halaman

Tinjau Bandara Kualanamu

Tidak hanya Tol Tebing Tinggi, Kapolda Sumut, Panca Putra, juga mengecek kesiapan Bandara Kualanamu di Kabupaten Deli Serdang dalam menghadapi mudik lebaran 2022.

Panca mengatakan, pengecekan ini dilakukan sebagai bagian upaya kesiapan dalam melayani masyarakat. Diprediksi akhir pekan ini terjadi peningkatan jumlah penumpang baik yang datang maupun keluar dari Bandara Kualanamu

"Antusias masyarakat untuk mudik lebaran 2022 sangat tinggi, terlebih setelah dua tahun tidak mudik dan tidak bertemu sanak keluarga," ungkapnya.

4 dari 4 halaman

Dirikan Pos Pengamanan

Kapolda Panca juga menyebutkan sejumlah pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu telah didirikan di beberapa titik yang menjadi jalur mudik.

Kemudian juga didirikan pos di objek wisata, empat hiburan, dan mal atau pusat perbelanjaan, termasuk di bandara. Personel TNI dan Polri akan disiagakan untuk melakukan pengamanan

"Dipastikan seluruh stakeholder terkait bekerja sama memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang mudik agar merasa aman dan nyaman," ujarnya.

Panca juga mengajak pemudik untuk vaksin Covid-19 sesuai ketentuan yang dikeluarkan pemerintah. Sebab, pada lebaran kali ini masyarakat harus sehat.

"Sebanyak 10.376 personel dikerahkan untuk melaksanakan pengamanan mudik lebaran dalam rangka Operasi Ketupat Toba 2022 mulai 28 April hingga 9 Mei 2022," tandasnya.