Sukses

Wujudkan Hunian Go Green, BTN Gandeng PT Karya Anak Negri di Palembang

BTN menggandeng PT Karya Anak Negri untuk mewujudkan hunian Go Green di Palembang Sumsel.

Liputan6.com, Palembang - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk gencar mengimplementasikan keuangan berkelanjutan, dengan cara melakukan pembiayaan di sektor perumahan, yang memiliki konsep go green, sekaligus mendukung fasilitas Kredit Perumahan Rumah (KPR), yang terjangkau bagi masyarakat di Palembang Sumatera Selatan (Sumsel).

Salah satu proyek yang menjadi perhatian BTN, adalah Perumahan Gandus City Land, milik PT Karya Anak Negri di Palembang.

Kepala Divisi Subsidized Mortgage Lending Mochamad Yut Penta mengatakan, pada hari Jumat (22/4/2022) lalu, pihaknya telah menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS), dengan PT Karya Anak Negeri.

“Yakni terkait dukungan KPR Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT) Bank BTN Go Green. Yang mana, sebagai wujud komitmen Bank BTN dalam mendukung program perumahan yang berkelanjutan,” ujarnya di Palembang, Sabtu (23/4/2022).

Penandatanganan PKS disaksikan oleh Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan, Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna beserta jajaran, Kadis Perkim Provinsi Sumatera Selatan, seluruh Kepala Dinas Perkim Palembang dan Provinsi Sumsel dan lainnya.

Dengan ditandatanganinya PKS tersebut, PT Karya Anak Negri dapat menikmati benefit jasa layanan perbankan Bank BTN. Antara lain secara otomatis telah terdaftar, pada portal BTN Properti for Developer dan kemudahan proses appraisal.

“Proyek perumahan Gandus City merupakan perumahan yang diperuntukkan, bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di Palembang,” ucapnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Panel Tenaga Surya

Yakni dengan berbagai fasilitas yang mendukung konsep go green diantaranya penggunaan solar system panel atau panel tenaga surya. Di mana, mampu mengkonversi sinar matahari menjadi energi listrik. Serta penggunaan kompor induksi tanpa menggunakan api melainkan listrik yang lebih hemat dan aman.

Dia mengatakan, PT Karya Anak Negri merupakan mitra BTN, yang menunjukkan keseriusannya menggarap perumahan dengan konsep berkelanjutan. Rumahnya dilengkapi panel tenaga surya (solar cell), yang disiapkan oleh PT Len Agra Surya Energy.

Setelah penandatanganan PKS, turut dilakukan penyerahan 20 buah kompor induksi dari BTN ke PT Karya Anak Negri. Hal tersebut sebagai simbolis dukungan BTN, terhadap program PT PLN konversi penggunaan kompor elpiji ke kompor induksi.

3 dari 3 halaman

Syarat KPR BP2BT

Sementara untuk KPR BP2BT Go Green, yang ditawarkan Bank BTN ditujukan bagi masyarakat dengan syarat. Di antaranya diperuntukkan bagi pekerja yang tidak memiliki penghasilan tetap atau non fixed income. Yang mana, belum memiliki rumah sebelumnya.

KPR BP2BT menawarkan berbagai keringanan, seperti uang muka mulai dari 1 persen, bantuan subsidi uang muka hingga Rp 40 juta dan jangka waktu kredit sampai dengan 20 tahun.

"Kami berharap penyaluran KPR Subsidi di Palembang, mencapai 5.000 unit selama tahun 2022," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.