Sukses

Bukit Lawang Jungle Trail Run Jadi Ajang Populerkan Indonesia Lewat Pesona Alam

Mempopularkan Indonesia kepada dunia melalui pesona alam bakal dilakukan Arras Adventure. Pada 27-28 Mei 2022, Arras Adventure bakal dilaksanakan Bukit Lawang Jungle Trail Run (BLJTR) 2022.

Liputan6.com, Medan Mempopularkan Indonesia kepada dunia melalui pesona alam bakal dilakukan Arras Adventure. Pada 27-28 Mei 2022, Arras Adventure bakal dilaksanakan Bukit Lawang Jungle Trail Run (BLJTR) 2022.

Founder Arras Adventure, Julita M Saragih mengatakan, BLJTR 2022 merupakan ebuah event sports tourism yang mengkombinasikan kegiatan berwisata dan berolahraga. Saat ini, sports tourism saat semakin berkembang pesat, bahkan menjadi salah satu tren dalam penggerak sektor pariwisata di Indonesia, termasuk tren pariwisata yang memiliki pasar cukup besar.

"Berkat kekayaan keindahan alam dan beragam budaya, Indonesia dianggap sebagai ikon sport tourism dunia," kata Julita, Jumat (15/4/2022).

Secara spesifik Julita menjelaskan, BLJTR 2022 merupakan event sports tourism berbasis kearifan lokal. Selain untuk menarik wisatawan mengunjungi destinasi wisata, juga mengangkat kearifan budaya lokal yang dapat membangkitkan ekonomi.

"Tentunya, juga membuka lapangan kerja masyarakat setempat," ujarnya.

BLJTR 2022 nantinya diisi dengan sejumlah kegiatan, seperti Trail Run, Traditional Rafting, UMKM Bazaar, dan Orang Utan Campaign. Untuk kegiatan terakhir, sebagian hasil penjualan dari tiket BLJTR 2022 akan didonasikan untuk mendukung kegiatan pelestarian orang utan.

"Juga akan ada official merchandise BLJTR 2022 yang sebagian penjualannya akan diberikan untuk program pelestarian orang utan di Bukit Lawang," terang Julita.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lestarikan Satwa Endemik

Diterangkan julita, melalui BLJTR 2022, siapa saja yang terlibat turut berkontribusi melestarikan orang utan sumatera dan satwa-satwa endemik lainnya yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL).

"Serta dapat membangkitkan kembali ekonomi melalui sports tourism," ucapnya.

Untuk menyukseskan gelaran ini, Arras Adventure berkolaborasi dengan sejumlah komponen masyarakat, mulai dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut), Pemerintah Daerah (Pemda), Kepolisian, Kodam I Bukit Barisan, para Kepala Desa, Himpunan Pramuwisata, serta warga sekitar Bukit Lawang.

3 dari 4 halaman

NgabubuRUN, Road to BLJTR 2022

Membuka BLJTR 2022, Arras Adventure akan menggelar NgabubuRUN pada 17 April 2022 di Lapangan Benteng, Medan. Kegiatan dimulai pukul 16.00 WIB ini diisi dengan Bakti Sosial, Pendaftaran Offline BLJTR, Lari Santai, Buka Puasa Bersama, dan Salat Maghrib Berjamah.

Disebutkan Julita, seluruh komunitas lari di Medan dan anggota TNI AD, khususnya Kodam I Bukit Barisan, diajak untuk berlari santai sore hari jelang buka puasa bersama Panglima Kodam I Bukit Barisan sejauh kurang lebih 5 Km.

"NgabubuRUN sebagai ajang silaturahmi, sekaligus sosialisasi event BLJTR 2022," sebutnya.

Dipaparkan Julita, BLJTR 2022 yang pertama diselenggarakan ini telah dicanangkan sebagai Asia Trail Master Race Candidate, yaitu ajang kompetisi pelari trail dunia dalam seri Asia. Dengan demikian BLJTR akan menjadi event tahunan dan menjadi salah satu pilihan utama dalam kalender event trail run di Indonesia dan Asia.

"Sehingga BLJTR menjadi ikon Jungle Trail Run di Indonesia," ungkapnya.

4 dari 4 halaman

Keindahan Bukit Lawang

Julita menambahkan, Bukit Lawang memiliki sejuta keindahan alam yang sepantasnya terekspose dan dikenal masyarakat dunia. Dengan adanya event BLJTR 2022 ini diharapkan bisa meng-encourage pencinta olah raga lintas alam.

Mereka diajak untuk bisa melihat langsung apa yang menjadi data tarik Bukit Lawang yang berada di TNGL, sehingga akan meningkatkan pariwisata Langkat dan meningkatkan ekonomi daerah setempat.

"Kita akan berolahraga sambil menikmati keindahan Bukit Lawang, kita bangkitkan kembali ekonomi Indonesia melalui sports tourism," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.