Sukses

Lebih Dekat dengan Kabupaten Kupang, Punya Sederet Destinasi Wisata Menarik

Kabupaten Kupang merupakan daerah tingkat II di Nusa Tenggara Timur (NTT). Secara umum, Kupang beriklim tropis dan kering. Curah hujan yang relatif rendah membuat Kupang dikategorikan daerah semi arid.

Liputan6.com, Kupang - Kabupaten Kupang merupakan daerah tingkat II di Nusa Tenggara Timur (NTT). Secara umum, Kupang beriklim tropis dan kering. Curah hujan yang relatif rendah membuat Kupang dikategorikan daerah semiarid atau semi-kering.

Melansir laman resmi kupangkab.go,id, wilayah Kabupaten Kupang umumnya berada di dataran tinggi, mulai dari perbukitan dan pegunungan. Tapi beberapa daerah juga berada di 0-5 meter di atas permukaan air laut dengan persentase 20,5 persen.

Perbatasan Kabupaten Kupang meliputi Laut Sawu di utara dan barat, Samudera Hindia dan Selat Timor di selatan, serta Kabupaten Timor Tengah Selatan dan Negara Republic Demoratic Timor Leste di timur. 

Selain itu, Kabupaten Kupang juga memiliki sungai yang mengalir sepanjang tahun. Panjang sungai bervariasi. Beberapa sungai yang mengalir di daerah Kupang antara lain sungai Oesao di Kupang Timur, sungai Manikin di Kupang Tengah, sungai Bokong di Takari, hingga sungai Lili dan Baret di Fatuleu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kabupaten Kepulauan

Kupang merupakan kabupaten kepulauan. Sebanyak 24 pulau ada di Kupang, 3 di antaranya pulau yang berpenghuni, sedangkan 21 pulau tidak berpenghuni.

Dari pulau tersebut ada banyak flora dan fauna yang dapat ditemui di Kabupaten Kupang. Flora di Kabupaten Kupang hampir dipenuhi padang rumput, pohon lontar, pohon pinus, cendana, gewang, dan hutang mangrove.

Kupang juga punya fauna yang beragam. Ada hewan yang menyusui seperti kerbau, sapi, kuda, kambing, babi, hingga domba. Untuk menjaga kelangkaan fauna di Kupang, terdapat Taman Wisata Baumata. Satwa di taman tersebut meliputi raja udang, betet Timor, burung kakatua, nuri, dan lain sebagainya.

3 dari 4 halaman

Komoditas Unggulan

Kabupaten Kupang memiliki luas daratan mencapai 506.626,68 hektare. Dengan wilayah daratan yang cukup luas, masyarakat Kupang memanfaatkannya dengan membuka lahan pertanian.

Pertanian termasuk salah satu komoditas unggulan Kabupaten Kupang. Pertanian masih menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat Kupang. Beberapa komoditas pertanian unggulan antara lain umbi-umbian, jagung, kacang-kacangan, dan sayuran. 

Selain pertanian, peternakan juga menjadi komoditas unggulan Kabupaten Kupang. Kemudian disusul dengan kehutanan yang luasnya mencapai 288.397 hektare. 

Di samping itu, Kupang juga menjadi daerah pertambangan. Jenis-jenis tambang di Kupang antara lain batu gamping, pasir coral, marmer, lempung, sirtu, tanah liat, batu hias, emas, perak, tembaga, dan mangan. Potensi pertambangan ini cukup besar.

4 dari 4 halaman

Destinasi Wisata Menarik

Destinasi wisata di Kabupaten Kupang cukup beragam. Terdiri dari wisata alam, pantai, sejarah, seni budaya, dan kuliner. Destinasi tersebut menjadi pemikat wisatawan untuk berkunjung ke Kupang.

Daftar wisata alam di Kabupaten Kupang antara lain Taman Rekreasi Boneana, Batu Susun, Gua Kristal, Kolam Pancing, Nunneo, gunung Fatubraun, hingga Padang Savana Humon.

Adapun wisata pantainya antara lain pantai Alamanda, Sulamanda, Panmuti, Teres, Liman, Uiasa, hingga Fatukolo. Pantai di Kupang cukup menarik untuk dikunjungi. Cocok untuk menjadi tempat menyegarkan pikiran di waktu liburan.

Selain itu, Kabupaten Kupang juga punya wisata sejarah dan seni budaya yang tidak kalah menarik dengan daerah lainnya di Indonesia. Misalnya, atraksi seni budaya, lomba pacuan kuda, kuburan Raja Koroh, hingga istana Raja Amarasi.

Setelah menikmati liburan di Kupang dengan berbagai destinasi wisatanya, jangan lupa untuk mencicipi kulinernya. Kupang punya kuliner yang rasanya sangat maknyus jika dicoba. Misalnya, kerupuk ubi baumata, kue cucur oesao, hingga daging se’i baun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.