Sukses

Tak Hanya Gembiraloka, 3 Kebun Binatang di Yogyakarta Ini Juga Tak Kalah Menarik

Berikut adalah tiga alternatif kebun binatang di Yogyakarta yang bisa dikunjungi, selain Gembiraloka.

Liputan6.com, Yogyakarta - Selama ini, kebanyakan orang mengenal kebun binatang di Yogyakarta hanya ada satu. Gembiraloka sebagai kebun binatang pertama di Yogyakarta memang cukup dikenal masyarakat umum.

Namun, dalam perjalanannya, kebun binatang pun bermunculan di Yogyakarta. Sebagai wisata edukasi anak dan keluarga, kebun binatang kerap disambangi saat hari libur.

Berikut adalah tiga alternatif kebun binatang di Yogyakarta yang bisa dikunjungi, selain Gembiraloka.

1. Suraloka Zoo

Suraloka Zoo hadir menjadi tempat wisata baru di Yogyakarta. Mengusung konsep layaknya kebun binatang, Suraloka Zoo dapat menjadi pilihan wisata bersama keluarga di akhir pekan.

Suraloka Zoo terletak di Jalan Boyong, Nomor 97, Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Suraloka Zoo dapat ditempuh selama satu jam perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta.

Berada di sekitar kawasan Kaliurang membuat Suraloka Zoo dapat menyajikan udara yang bersih, jauh dari asap kenalpot wilayah perkotaan.

Pohon-pohon yang rimbun juga membuat suasana asri dan cocok untuk bersantai bersama keluarga. Suraloka Zoo menyediakan fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari kafe, resto, green house hingga tempat menginap.

Wisatawan yang berasal dari luar daerah Yogyakarta tak perlu risau untuk mencari tempat beristirahat setelah perjalanan jauh.

Suraloka Zoo buka setiap hari, mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Harga tiket masuk Suraloka Zoo berkisar antara Rp30.000 hingga Rp40.000.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

WRC Kulon Progo

2. Wildlife Rescue Center

Wildlife Rescue Center atau WRC menjadi rumah sementara bagi hewan liar langka yang hampir punah. WRC berlokasi di Jalan Pengasih-Nanggulan, Derwolo, Sedangsari, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Wildlife Rescue Center berdiri di atas lahan seluas 14 hektare. Semula, WRC Kulonprogo merupakan konservasi satwa menampung sebanyak 160 satwa yang didapat dari hasil sitaan atas kepemilikan ilegal dan perdagangan ilegal satwa, seperti orangutan, elang jawa, buaya, dan owa.

Di dalam konservasi ini, para satwa direhabililitasi kemudian dilepasliarkan ke habitat aslinya. Suasana seperti hutan membuat suasana WRC nyaman dan asri. Wisatawan dapat berkeliling WRC menikmati kesejukan alam ditemani oleh salah satu pemandu yang siap memberikan ilmu. Wisata ini sangat cocok untuk wisata keluarga.

Wildlife Rescue Center buka setiap Senin hingga Sabtu, mulai pukul 08.00 hingga 15.00. Harga tiket masuk wisata ini juga cukup terjangkau, yakni Rp8.000.

 

3 dari 3 halaman

Mini Zoo

3. Mini Zoo Jogja Exotarium Education Center

Mini Zoo Jogja Exotarium Sleman baru berdiri pada 2017. Di atas lahan 9 hektare, para wisatawan disuguhi berbagai wahana edukatif tentang satwa yang bahkan tidak hanya bisa dilihat di dalam kandang saja, tetapi sebagian juga bisa diajak berinteraksi dan bercengkrama.

Anjungan, wahana, dan fasilitas untuk pengunjung yang ada di Jogja Exotarium, antara lain berupa edukasi satwa reptil, berbagai jenis hewan noktunal, kelinci, rusa, kancil, dan kuda. Ada juga edukasi budidaya ternak sapi dan kambing PE, serta edukasi budidaya ikan produksi, ikan hias, dan maskot.

Kebun binatang mini ini terletak di Jalan Magelang Km 8, Desa Sendangadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, atau sekitar 500 meter selatan pusat Kabupaten Sleman ini buka setiap hari, mulai pukul 08.30 hingga 17.00. Harga tiket Mini Zoo Jogja Exotarium Education Center dibanderol hanya Rp20.000.

 

Penulis: Tifani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.