Sukses

Dinkes Catat 6 Warga Kota Bandung Terpapar Omicron, Begini Kondisinya

Dinkes Kota Bandung mencatat terdapat enam warga terpapar Covid-19 varian Omicron berdasarkan hasil pengetesan Whole Genome Sequencing (WGS) yang dilakukan oleh Labkesda Jawa Barat.

Liputan6.com, Bandung Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung mencatat terdapat enam warga terpapar Covid-19 varian Omicron berdasarkan hasil pengetesan Whole Genome Sequencing (WGS) yang dilakukan oleh Labkesda Jawa Barat.

"Iya, ternyata terkonfirmasi Omicron ada enam orang di kita," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Bandung Rosye Arosdiani, Rabu (19/1/2022).

Rosye menjelaskan, saat ini keenam pasien tersebut tengah menjalani proses karantina di pusat karantina Provinsi Jawa Barat atau di Gedung BPSDM, Kota Cimahi. Selain itu, pihaknya masih melakukan pendalaman terkait riwayat perjalanan pasien terkonfirmasi itu.

"Kemungkinan besar transmisi lokal. Informasinya baru tadi pagi, jadi kami masih melacak dari mana (terinfeksinya)," ujarnya.

Menurut Rosye, dari enam pasien yang terkonfirmasi Omicron, empat di antaranya menjalani tes WGS dikarenakan dengan penyakit penyerta atau komorbid. Tak hanya itu, CT yang rendah juga jadi alasan pihak Dinkes Bandung melakukan tes WGS kepada para pasien.

"Kami curiga karena CT-nya rendah dan dia komorbid. Untuk yang empat orang sebetulnya kenapa dia WGS karena dengan komorbid," tuturnya.

"Sebetulnya dirawat di rumah sakit tetapi sekarang sudah membaik. Karena sudah membaik jadi dialihkan rencananya ke BPSDM, sebab secara fisik cukup baik-baik saja," tutur Rosye.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.