Sukses

Ridwan Kamil Sebut 4 Warga Bandung Terinfeksi Covid-19 Omicron, Begini Kronologinya

Ridwan Kamil menyatakan pihaknya telah menerima laporan adanya empat warga Kabupaten Bandung terinfeksi Covid-19 varian Omicron.

Liputan6.com, Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan pihaknya telah menerima laporan adanya empat warga Kabupaten Bandung terinfeksi Covid-19 varian Omicron. Keempat orang tersebut saat ini tengah menjalani perawatan dan penanganan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Al Ihsan.

"Iya, (disolasi) di Al Ihsan. Ada empat orang," kata pria yang akrab disapa Emil itu di Cileunyi, Kabupaten Bandung, Senin (10/1/2022).

Namun demikian, Emil mengaku belum mendapatkan laporan rinci terkait warganya yang terpapar Omicron tersebut. "Belum ada laporan eta timana kumaha (itu darimana dan bagaimana), tapi yang namanya Omicron semua bocornya dari bandara atau perbatasan. Nanti dilapori sumber pelaporannya," tuturnya.

Menurut Emil, sejak awal pihaknya telah bersiaga menghadapi varian Covid-19 termasuk Omicron. Namun penanganan Omicron menurutnya sama saat menghadapi varian Delta.

"Dari awal juga kita selalu siaga. Kalau ada, sudah masuk ke penyebaran lokal, apapun itu, apa yang sudah, kita pengalaman selama delta kita praktikkan," ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung Grace Mediana menuturkan, pada kasus Omicron ini keempat orang yang terinfeksi terdiri dari ibu, ayah, dan dua anak. Adapun temuan kasus itu bermula ketika sang ayah yakni Mr X baru saja pulang perjalanan dari Afrika. 

“Iya, betul transmisi lokal Mr X menularkan ke anggota keluarganya. Satu rumah yang terinfeksi, satu keluarga ada empat orang," ujarnya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sempat Isolasi di Wisma Atlet

Grace menuturkan, sepulangnya dari luar negeri, Mr X sempat mengisolasi diri selama sekitar dua pekan di Wisma Atlet. Setelah itu, ia pulang ke Kabupaten Bandung. 

Di Kabupaten Bandung, Mr X kembali menjalani isolasi secara mandiri di rumahnya. Namun, karena bergejala, Mr X menjalani swab PCR dan didapati hasil positif Covid-19. Hasil tes yang keluar kemudian ditindaklanjuti dengan menggunakan metode genome sequencing. 

"Ternyata hasilnya dari Jumat kemarin yang bersangkutan positif Omicron," ucapnya. 

Adapun Mr X dan anggota keluarganya sudah menjalani isolasi di rumah sakit. Kondisi terkini keempat orang yang terpapar sudah berangsur membaik.

"Sekarang diisolasi lagi di rumah sakit. Alhamdulillah, menurut perkembangannya sudah membaik," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan nama-nama baru untuk varian virus corona SARS-CoV-2 yang terdeteksi di berbagai negara.

    Varian Covid

  • Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.
    Varian Omicron dikenal sebagai garis keturunan B.1.1.529, adalah sebuah varian SARS-CoV-2, sebuah koronavirus yang menyebabkan COVID-19.

    Omicron Covid

  • Ridwan Kamil adalah Wali Kota Bandung yang menjabat periode 2013-2018. Sebelum menjadi Wali Kota, ia dikenal sebagai dosen dan arsitek
    Ridwan Kamil adalah Wali Kota Bandung yang menjabat periode 2013-2018. Sebelum menjadi Wali Kota, ia dikenal sebagai dosen dan arsitek

    Ridwan Kamil

  • Bandung merupakan ibu kota Jawa Barat
    Bandung merupakan ibu kota Jawa Barat

    Bandung

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Covid-19 di Bandung