Sukses

Massa Pendukung Datangi Polda Jabar Kawal Pemeriksaan Bahar bin Smith

Liputan6.com, Bandung - Sejumlah massa pendukung Bahar bin Smith terlihat mendatangi Polda Jawa Barat untuk mengawal proses pemeriksaan terhadap penceramah itu usai dilaporkan atas dugaan ujaran kebencian.

Pantauan Liputan6.com, massa pendukung Bahar bin Smith memadati area depan gerbang masuk Polda Jabar di Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Senin (3/1/2022).

Mereka terlihat membentangkan sejumlah dukungan terhadap Bahar bin Smith sambil meneriakkan kalimat takbir. Selain itu, salah seorang orator dari massa pendukung penceramah itu menegaskan bahwa mereka siap membela Bahar.

"Saat ini telah terjadi kriminalisasi terhadap ulama kita Habib Bahar bin Smith. Mohon doanya semoga beliau dilancarkan dan bisa bergabung dengan umat. Semoga orang-orang yang menzalimi ulama dan menistakan ulama cepat hancur. Kami bersama Habib Bahar bin Smith," kata salah satu pendukung Bahar.

Akibat adanya aksi ini, polisi lalu lintas melakukan rekayasa lalu lintas dengan menutup Jalan Soekarno-Hatta di depan Mapolda Jabar. Selain itu, terlihat kawat berduri terpasang di depan pagar Mapolda Jabar.

Sejumlah polisi bersenjata lengkap juga terlihat berjaga di depan Mapolda Jabar.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo menyatakan, Bahar datang sesuai surat pemanggilan dan surat perintah dimulainya penyidikan (SPDP) dugaan ujaran kebencian yang disampaikannya dalam sebuah video ceramah di wilayah Bandung raya yang disampaikan pekan lalu.

"Jadi, memang di dalam surat panggilan itu kami tujukan kepada yang bersangkutan untuk tanggal 3 pada hari Senin ini. Jamnya jam 9 (pagi), namun tadi BS hadirnya pada jam 12 siang," katanya.

Dalam agenda pemeriksaan, tim gabungan penyidik Polda Jabar tidak hanya memanggil Bahar Smith saja. Tetapi juga sosok berinisial TR yang disebut sebagai pengunggah video YouTube yang menjerat Bahar Smith.

"Kalau teknis pemeriksaan ini kan tergantung penyidik nantinya dan menang biasanya pemeriksaan itu berlaku dinamis tergantung dari hasil pertanyaan yang diajukan. Jadi, sampai sekarang memang belum bisa kami tentukan berapa pertanyaan yang diberikan kepada yang bersangkutan," ujar Ibrahim.

Bahar Smith datang didampingi dua kuasa hukumnya. Meski ketika datang dia bersama rombongan tiga mobil, namun yang diizinkan mendampingi Bahar selama pemeriksaan hanya pengacara resminya saja.

"Memang banyak yang mengiringi, tetapi yang kami perbolehkan untuk masuk ke dalam ruang pemeriksaan itu merupakan pengacara yang betul-betul mendampingi. Supaya memang pemeriksaan itu tidak terganggu," ucap Ibrahim.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini