Sukses

Kisah Mahasiswa KKN Bantu Pemasaran Usaha Katering Warga Yogyakarta

Pakudaya Culinary adalah bisnis catering di Yogyakarta yang berdiri sejak 2018.

Liputan6.com, Yogyakarta- Pakudaya Culinary adalah bisnis catering di Yogyakarta yang berdiri sejak 2018. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Yogyakarta ini melayani pemesanan nasi boks, camilan, dan sebagainya.

Kliennya pun tidak tanggung-tanggung. Usaha katering di RW 07 Pakuncen Wirobrajan yang diinisiasi Asri Mikatsih ini juga kerap melayani pesanan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta.

Menurut Asri, katering ini tidak murni 100 persen berorientasi laba. Ia juga berupaya mengoptimalkan potensi orang di sekelilingnya.

“Orang-orang yang butuh pekerjaan, kami mencari rezeki berjemaah,” ujarnya, Minggu (19/12/2021).

Pada 25 November 2021, mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta masuk ke kawasan RW 07 Pakuncen. Melalui KKN Alternatif UAD 75 Unit IV.D.1 yang berlangsung sampai 24 Desember 2021, para mahasiswa di Yogyakarta ini ingin mengeksplorasi diri dan mengamalkan ilmu kepada masyarakat.

“Di sini kami lihat pemasarannya belum dilakukan dengan media online padahal potensinya besar,” tutur Aqil Mahmud, Ketua KKN Alternatif UAD 75 Unit IV.D.1.

Oleh karena itu, mahasiswa KKN UAD Yogyakarta membuat akun media sosial untuk membantu pemasaran UMKM katering ini. Salah satunya, melalui Instagram dengan akun @pakudaya_culinary.

Mahasiswa KKN di Yogyakarta ini berharap keberadaan akun media sosial ini bisa meningkatkan pemasaran dan dapat menjangkau masyarakat lebih luas lagi. Jadi, UMKM katering ini bisa berkembang sesuai dengan tuntutan zaman dan tidak tergerus di tengah kompetisi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.