Sukses

Sinar Mas Berau Coal Peduli Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru

PT Berau Coal bagikan bantuan kebutuhan untuk warga terdampak erupsi Gunung semeru di Jawa Timur.

Liputan6.com, Berau - Sinar Mas Berau Coal yang beroperasi di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur kembali menyalurkan bantuan untuk warga terdampak erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur. Setelah sebelumnya mengirimkan Tim Tanggap Darurat, perusahaan tambang batu bara ini mengirimkan bantuan logistic bagi warga terdampak.

Erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu (4/12/ 2021) lalu mengakibatkan dampak kerusakan di beberapa desa dan korban akibat awan panas dan abu vulkanik. Banyak warga yang kehilangan tempat tinggal akibat bangunan rumah yang rusak parah dan barang-barang yang tidak bisa diselamatkan saat erupsi terjadi.

Tim Sinar Mas Berau Coal Peduli yang rutin berkontribusi aktif dalam bantuan kemanusiaan khususnya dalam kebencanaan kembali menyalurkan bantuannya untuk warga terdampak wilayah erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur. Tim Sinar Mas Berau Coal Peduli yang sebelumnya telah mengirimkan Tim Tanggap Darurat (Emergency Response Group) lebih awal untuk proses evakuasi dan pemulihan juga melakukan survei ke lokasi terdampak untuk mengetahui jumlah warga yang membutuhkan bantuan.

Di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Tim Sinar Mas Berau Coal Peduli menemukan banyak warga terdampak dari Desa Curah Koboan yang mengungsi di rumah-rumah warga setempat. Berdasarkan informasi dari salah satu warga desa tersebut, Muliono, banyak warga setempat yang menyediakan rumahnya untuk ditinggali oleh warga yang menjadi korban terdampak untuk sementara sehingga mereka lebih memilih tinggal di rumah tersebut dibandingkan di posko pengungsian.

"Solidaritas warga di sini cukup tinggi, mereka menyediakan rumahnya untuk sementara ditinggali oleh warga terdampak yang rumahnya hancur akibat erupsi,” kata Muliono.

Simak juga video pilihan berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mendata Kebutuhan Warga

Berdasarkan hasil survei tersebut, Tim Sinar Mas Berau Coal Peduli yang tergabung dalam Tim Siaga Bencana Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendata warga terdampak dan kebutuhannya bersama tokoh masyarakat setempat.

Setelah itu, penyaluran bantuan logistik segera dilakukan langsung ke rumah-rumah yang ditempati sementara oleh warga. Bantuan yang disalurkan antara lain peralatan masak lengkap hingga sembako.

Kemudian beras, seragam sekolah, tas sekolah, sepatu, handuk, kasur, bantal, selimut, satu set peralatan makan, dan peralatan ibadah. Dukungan ini untuk menyediakan kebutuhan dan peralatan dasar dan utama warga yang tidak terselamatkan saat bencana terjadi.

Emergency Response Group Manager Andi Henry Achmad menyampaikan, dukungan yang diberikan merupakan wujud konsisten dari solidaritas dan kepedulian perusahaan pada misi kemanusiaan untuk membantu saudara-saudara kita yang terdampak bencana.

"Kegiatan ini konsisten kami lakukan jika terjadi bencana yang merupakan wujud kepedulian perusahaan. Tim Sinar Mas Berau Coal Peduli menyalurkan bantuan sesuai dengan kebutuhan warga setempat dan langsung menyalurkan ke rumah-rumah yang sementara ditinggali warga," jelas Andi.

3 dari 4 halaman

Mengurangi Beban Warga

Budi Triyanto, Inspektur Tambang Provinsi Jawa Timur sekaligus Koordinator Logistik Tim Siaga Bencana ESDM Gunung Semeru menyampaikan terima kasih atas kontribusi aktif perusaahan dalam bencana erupsi Gunung Semeru ini.

"Terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Sinar Mas dan Berau Coal. Memang kebutuhan saat ini yang dibutuhkan oleh warga adalah peralatan masak dan kebutuhan rumah tangga lainnya," jelas Budi.

Ratusan sembako dan peralatan dasar yang diberikan diharapkan dapat mendukung kehidupan dan mengurangi beban warga terdampak. Febry, salah satu warga yang menerima bantuan dari Tim Sinar Mas Berau Coal Peduli sangat mengapresiasi atas bantuan yang lengkap diberikan oleh perusahaan.

"Alhamdulillah, saya mewakili keluarga saya menyampaikan bahwa kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Sinar Mas dan Berau Coal yang telah memberikan dukungan lengkap kepada kami, karena kebutuhan-kebutuhan ini yang kami butuhkan karena kami tidak lagi memiliki apa-apa setelah erupsi terjadi," ucap Febry.

Ponimah, perempuan setengah baya yang bercerita kepasrahannya saat erupsi kepada Tim Sinar Mas Berau Coal Peduli pun terharu atas dukungan yang diberikan oleh Sinar Mas dan Berau Coal.

"Saya hanya bisa menerima bantuan yang diberikan, moga-moga Allah yang membalasnya," kata Ponimah dengan haru.

4 dari 4 halaman

Mempercepat Pemulihan Wilayah Bencana

Nurul Yaqin Pribadi, kepala desa setempat yang juga menyaksikan Tim Sinar Mas Berau Coal Peduli saat door to door menyalurkan bantuan ke warga menyampaikan rasa terima kasihnya karena telah memperhatikan warganya.

"Saya selaku Kepala Desa menyampaikan terima kasih banyak kepada Sinar Mas dan Berau Coal yang telah memberikan bantuan kepada warga saya yang terdampak erupsi Gunung Semeru, semoga semakin jaya, sukses selalu dan dilancarkan rezekinya," ujar Nurul.

Selain bantuan logistik yang diberikan, Tim Sinar Mas Berau Coal Peduli yang tergabung dalam Tim Siaga Bencana ESDM juga telah membantu proses evakuasi dan pelayanan kesehatan kepada warga terdampak.

Bantuan yang diberikan oleh perusahaan diharapkan dapat membantu mempercepat proses pemulihan wilayah terdampak pasca erupsi Gunung Semeru. Sinergi dari berbagai pihak dibutuhkan untuk mewujudkan hal tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.