Sukses

Keluarga Besar UGM, Catat Tanggal Perhelatan Nitilaku yang Digelar Secara Hybrid

Kegiatan Nitilaku ini rutin diselenggarakan setiap tahun memperingati Dies Natalis UGM. Tahun ini UGM menggelar Nitilaku secara hybrid.

Liputan6.com, Yogyakarta - Menyambut Dies Natalis ke-72 UGM dan dies natalis ke-63 KAGAMA Universitas Gadjah Mada (UGM) akan menggelar Nitilaku Perguruan Kebangsaan Virtual  pada Sabtu (18/12).

Ketua Umum PP KAGAMA, Ganjar Pranowo dalam sambutannya secara daring menyampaikan Nitilaku UGM merupakan tapak tilas boyongan UGM dari Keraton Yogyakarta menuju Bulaksumur untuk menghadirkan representasi 5K yakni Kampus, Keraton, Kampung, Komunitas, dan Korporasi sebagai modal sosial yang tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan di masa kini dan masa depan, terutama menghadapi pandemi Covid-19.

"Nitilaku ini memperlihatkan perwakilan yang bisa menunjukkan relasi dan kontribusi dari masing-masing elemen dalam mewujudkan spirit nilai-nilai UGM, perjuangan, kebangsaan, Pancasila yang berkebudayaan. Jadi kita libatkan berbagai komunitas pada Nitilaku ini," tuturnya.

Sementara Piyu dari Padi Reborn yang hadir secara virtual menjelaskan nantinya Padi akan manggung bersama dengan Menhub Budi Karya Sumadi dan akan membawakan lagu berjudul Kagama Bhakti yang telah diaransemen ulang.

"Harapannya besok acara bisa terselenggara dengan baik dan lancar dan menjadi momen untuk membuktikan bahwa kegiatan dapat terkendali dengan protokol kesehatan. Semoga tahun depan Nitilaku bisa dilakukan secara offline," katanya.

Iqbal Tuwasikal Ketua Panitia Nitilaku UGM mengatakan Nitilaku merupakan pawai budaya yang dimulai dari Keraton Yogyakarta menuju Gedung Pusat UGM. Namun, sejak tahun 2020 lalu Nitilaku dilaksanakan secara virtual karena berada dalam masa pandemi Covid-19 dan tahun ini Nitilaku diadakan secara hibrid.

"Mengingat tahun 2021 masih dalam masa pandemi Covid-19 pelaksanaan Nitilaku dilakukan penyesuaian dengan berpegang teguh pada protokol kesehatan ketat. Karenanya, pelaksanaan Nitilaku mengambil bentuk virtual hybrid,” jelasnya Rabu (15/12) saat Konferensi Pers menjelang pelaksanaan Nitilaku.

Iqbal memaparkan pelaksanaan Nitilaku nantinya akan berbentuk virtual hibrid dengan memanfaatkan media Live Broadcast melalui kanal media sosial Nitilaku, PP KAGAMA, dan UGM baik untuk pawai, pementasan seni budaya maupun keterlibatan berbagai unsur 5K.

Nantinya pawai Nitilaku akan ditayangkan dalam bentuk video sedangkan pementasan seni budaya akan digelar di Grha Sabha Pramana UGM yang akan menghadirkan Kembul Nusantara, Happy Asmara, dan Padi Reborn. Dalam kegiatan tersebut rencananya juga akan dilakukan donasi untuk korban bencana erupsi Gunung Semeru. 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.