Sukses

BIN Kick Off Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun di Sibolga, Karo, dan Tapanuli Utara

Vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 hingga 11 tahun mulai dilaksanakan di 115 kabupaten kota di Indonesia. Kick off implementasi kebijakan ini diwujudkan Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sumatera Utara (Sumut).

Liputan6.com, Sibolga Vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 hingga 11 tahun mulai dilaksanakan di 115 kabupaten kota di Indonesia. Kick off implementasi kebijakan ini diwujudkan Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sumatera Utara (Sumut).

Kepala BIN Daerah (Kabinda) Sumut, Brigjen TNI Asep Jauhari Puja Laksana mengatakan, pihaknya menyelenggarakan sosialisasi dan launching Vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 hingga 11 tahun di 3 daerah yang ada di Sumut.

Kebijakan tersebut tertuang dalam Keputusan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menteri Kesehatan Tentang Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Pada Anak usia 6-11 Tahun, tanggal 13 Desember 2021.

"Kita (BIN) melaksanakan sosialisasi dan launching vaksin anak di Sibolga, Karo, dan Tapanuli Utara," kata Asep, Selasa (14/12/2021).

Di Kabupaten Karo, kegiatan digelar di SD Negeri Percontohan Kabanjahe, Jalan Selamat Ketaren. Di Tapanuli Utara di pendopo rumah dinas bupati, Jalan Ahmad Yani, dan di Kota Sibolga di SD Negeri 084094, Jalan Sibolga Baru.

"Dengan launching di 3 kabupaten kota hari ini, semua masyarakat di kabupaten kota lainnya dapat mempersiapkan anak-anak usia 6 hingga 11 tahun untuk menjalani Vaksinasi Covid-19," sebutnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apresiasi Disampaikan Kepala Daerah

Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan, menyampaikan apresiasi kepada BIN yang telah memilih anak-anak di wilayahnya sebagai peserta pertama Vaksinasi Covid-19 anak usia 6 hingga 11 tahun.

"Mudah-mudahan sehat-sehat semua. Indonesia sehat, Indonesia hebat," ucapnya.

 

3 dari 3 halaman

9 Kabupaten dan Kota di Sumut

Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menteri Kesehatan RI, Nomor SR.01.02/4/ 3309 /2021, di Sumut ada 9 kabupaten kota yang sudah diputuskan untuk melaksanakan vaksinasi anak, antara lain, di Tapanuli Utara, Karo, Dairi, Humbang Hasundutan (Humbahas), Pakpak Bharat, Samosir, Toba, Sibolga, dan Pematangsiantar.

Penyuntikan vaksin dilakukan dengan intramuskular atau injeksi ke dalam otot tubuh di bagian lengan atas dengan dosis 0,5 mili. Vaksinasi Covid-19 diberikan sebanyak 2 kali dengan interval minimal 28 hari.

Sebelum pelaksana vaksinasi, harus dilakukan skrining dengan menggunakan format standar oleh petugas vaksinasi. Tempat pelaksanaan vaksinasi bisa dilakukan di Puskesmas, rumah sakit, atau fasilitas pelayanan kesehatan lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.