Sukses

Intip Aksi Galang Dana Suporter Persis Solo untuk Korban Gunung Semeru Erupsi

Garis Keras salah satu suporter klub Persis Solo menggelar kegiatan galang dana untuk warga korban Gunung Semeru yang meletus pada Sabtu 4 Desember 2021 lalu. Para suporter dengan penerapan prokes ketat galang dana di beberapa lampu merah di Solo.

Liputan6.com, Solo - Gunung Semeru erupsi pada Sabtu (4/12/2021) lalu, membuat warga sekitar gunung harus kehilangan keluarga dan tempat tinggalnya lantaran tersapu abu vulkanik. Melihat musibah yang terjadi, tak sedikit masyarakat Indonesia berbondong-bondong memberikan bantuan, mulai dari artis, masyarakat, tidak terkecuali suporter bola. 

Seperti yang dilakukan oleh kelompok Garis Keras Sambernyawa salah satu kelompok pendukung klub kebanggaannya warga Solo yakni Persis Solo. Mereka menggalang dana dengan membuka donasi hingga turun ke jalan raya meminta bantuan kepada pengguna jalan raya di beberapa titik di Solo Raya. 

Demi menghindari kerumunan saat aksi galang dana, kelompok suporter Garis Keras Sambernyawa tersebut hanya menurunkan beberapa anggota di tiap titik lampu merah.

"Di tiap lampu merah di mana kami menggalang dana untuk korban Gunung Semeru erupsi. Kami hanya menurunkan 2 sampai 3 anggota saja. Jadi tidak ada kerumuman, kita tau saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19," kata Eric Perkasa salah satu perwakilan dari Suporter Garis Keras Sambernyawa kepada Liputan6.com, Kamis (9/12/2021).

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Laga Amal Sepak Bola Antara Suporter

Erik menyebut, aksi galang dana tersebut akan dilakukan selama lima hari sejak Rabu (8/12/2021) hingga Minggu (12/12/2021). Tak hanya menggalang dana di jalanan, mereka juga akan menggelar laga amal sepak bola antar suporter.

"Penggalangan dana terpisah-pisah mulai dari Karanganyar, Boyolali, Surakarta, Sukoharjo dan Boyolali, dan target penggalangan dana lima hari. Jika tidak ada halangan kita akan adakan laga amal sepak bola trofeo nanti kita akan undang dua klub suporter lainnya ikut," ujar dia.

Sementara itu, rencananya Garis Keras Sambernyawa nanti akan membelikan kebutuhan seperti masker, pembalut, dan makanan jika penggalangan dananya sudah terkumpul.

"Kita akan berangkat ke sana (Lumajang) dengan truk dan membawa beberapa anggota dan donasi yang akan kita serahkan sendiri ke lumajang. Semoga semua saudara kami di Lumajang tetap semangat dan kami dari Garis Keras Sambernyawa persis Solo turut merasakan yang kalian rasakan," tutur Erik. 

Jika ingin berdonasi melalui aksi galang dana Garis Keras Sambernyawa bisa kirim langsung ke rekening nomor rekening BCA 3930672288 atas nama Yova Krismawanto atau menghubungi contact person 089660521923.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.