Sukses

Aksi Sosial Siswi Jakarta Bikin Anak-Anak NTT Puas Bermain Air dan Mandi

Liputan6.com, Jakarta- Aksi sosial Carolene Adeline, siswi kelas XII Jakarta Intercultural School (JIS), tidak berhenti di donasi kaki palsu. Ia pernah melakukan aksi sosial yang spontan muncul pasca berkunjung ke Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk menyediakan klinik berjalan pada 2019.

Aksi lanjutannya itu bermula ketika ia menyadari sulitnya air bersih bagi masyarakat di NTT. Saat kembali ke Jakarta, Carolene berdiskusi dengan teman-teman sekelasnya, Jason, Aaron, dan Makayla untuk berbuat sesuatu.

“Sebenarnya waktu itu, ada proyek sosial yang berbeda, tetapi target bantuannya juga sama yakni NTT, pembangunan pasca banjir,” ujar Carolene, Jumat (22/10/2021).

Informasi untuk proyek sosial ini diperoleh dari Mustika, President and Founder of Solar Chapter. Solar Chapter adalah organisasi yang dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan akses air bersih.

Carolene tercetus untuk bergandengan tangan dengan Solar Chapter menyediakan akses air bersih untuk masyarakat di NTT. Proyek air bersih ini dikenal dengan nama Water for Fatoin.

Desa Fatoin di NTT memiliki jumlah penduduk 800 orang yang tersebar di beberapa dusun. Mayoritas mereka bekerja sebagai petani dan peternak.

“Ironisnya, mereka yang setiap harinya bekerja dan menggantungkan hidupnya ke bertani dan beternak, justru kekurangan akses air bersih di kesehariannya,” ucap Carolene.

Untuk memulai proyek ini, Carolene dan teman-teman Bersama Solar Chapter, membuat proposal kegiatan dan pengajuan sponsor untuk donasi dan lainnya.

Pada September 2021, Carolene dan timnya mewakili JIS pergi ke Fatoin, NTT untuk merealisasikan dan membuat proyek air bersih tersebut menjadi kenyataan.

Pembuatan akses air bersih menggunakan panel solar yang ramah lingkungan dan sesuai kondisi geografis di NTT. Dengan bantuan masyarakat disana, pekerjaan menjadi cepat selesai dan sistem air bersih bisa terpasang pada hari kedua.

Saat anak-anak di sana mengetahui sudah ada akses air bersih, mereka pun bersukacita. Anak-anak bisa langsung mandi dan bermain air tanpa harus melalui akses jalanan yang sulit untuk menemukan sumber air bersih.

Lelah Carolene, siswi asal Jakarta, bersama dengan timnya pun terbayar melihat kebahagiaan anak-anak di Fatoin NTT.

Saksikan video pilihan berikut ini: