Sukses

ITS Pertahankan Gelar Juara Umum Kontes Robot Indonesia 2021

ITS kembali mempertahankan gelar juara umum di kontes robot Indonesia 2021. Pemenang kontes robot Indonesia tingkat nasional ini akan mewakili Indonesia di tingkat dunia.

Liputan6.com, Yogyakarta - Sebanyak 138 tim dari berbagai perguruan tinggi berkompetisi dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) 2021 yang digelar secara daring 15-16 Oktober 2021. Tim robot Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) akhirnya kembali mengukuhkan diri sebagai juara umum Kontes Robot Indonesia (KRI) 2021. 

Kompetisi ini berlangsung secara daring oleh peserta di kampus masing-masing, sementara dewan juri dan panitia secara luring terpusat di Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada.  

Pelaksana tugas Kepala Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Asep Sukmayadi mengaku bangga dengan KRI yang tetap dilaksanakan di tengah pandemi. Melalui Kontes Robot Indonesia ini, ia berharap dapat memberikan manfaat secara luas bagi mahasiswa dalam mengembangkan minat di bidang robotika. 

"Harapannya dari kontes robot ini bisa diperoleh manfaat yang lebih luas.  Puspresnas berkomitmen memberikan jaminan karir belajar dan karir profesional," paparnya saat memberikan sambutan dalam penutupan KRI Nasional yang digelar secara luring terbatas di Balai Senat UGM, Sabtu malam (16/10/2021).

Rektor UGM, Panut Mulyono mengatakan selaku tuan rumah penyelenggara KRI menyampaikan rasa terima kasih telah dipercaya sebagai tuan rumah KRI tingkat wilayah dan nasional. 

"Selamat untuk para pemenang, dengan kompetisi ini mahasiswa bisa belajar bersama atur strategi, inovasi, dan berinteraksi. Selain itu, juga bisa menjadi bekal untuk menciptakan inovasi baru bagi kemajuan bangsa," katanya.

KRI 2021 melombakan enam divisi yakni Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda (KRSBI-Beroda), dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Humanoid (KRSBI-Humanoid).

Dalam Kontes Robot Indonesia tingkat Nasional tahun 2021 diikuti oleh 138 tim dengan rincian KRAI 19 tim, KRSRI 42 tim, KRTMI 24 tim, KRSTI 18 tim, KRSBI-Beroda 22 tim, dan KRSBI-Humanoid 13 tim.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.