Sukses

Diduga Tak Bisa Berenang, Bocah 10 Tahun Tewas di Sungai Manggar Balikpapan

Diduga tidak bisa berenang, seorang anak perempuan berusia 10 tahun tenggelam di Sungai Manggar, pada Kamis (30/9/2021) pagi.

Liputan6.com, Balikpapan - Diduga tidak bisa berenang, seorang anak perempuan berusia 10 tahun tenggelam di Sungai Manggar Balikpapan Kaltim, pada Kamis (30/9/2021) pagi.

Awalnya diketahui, teman-teman Td sedang berenang di lokasi kejadian tepatnya di Jalan Persatuan RT 3 Kelurahan Manggar, Balikpapan Timur di belakang rusunawa. Lantaran ingin ikut berenang, Td pun terjun ke sungai tersebut.

Karena tidak bisa berenang Td pun tenggelam. Teman korban bernama Il mencoba menolong, tetapi tidak sanggup membawa korban ke pinggir dan akhirnya korban tenggelam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

3 dari 5 halaman

Tim SAR Balikpapan Turun Tangan

Mendapatkan informasi adanya orang tenggelam Tim SAR gabungan langsung mendatangi lokasi kejadian melakukan pencarian. "Mendapat informasi adanya seorang anak yang tenggelam di Sungai Manggar pada pukul 09.20 Wita terima kejadian kami bergerak ke lokasi menggunakan peralatan selam," ungkap Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kelas A Balikpapan Melkianus Kotta.

Sekitar pukul 10.45 Wita, Tim Sar Gabungan akhirnya menemukan korban yang berada di dasar sungai. Kemudian Tim penyelamatan KPP Balikpapan mengevakuasi korban.

"KPP Balikpapan menerjunkan dua penyelam melakukan penyisiran di area yang diduga menjadi titik tenggelam anak. Sekira pukul 10.45 Wita dilakukan penyelaman dan ditemukan dan korban sudah diserahkan ke keluarga dalam kondisi meninggal dunia," tambah Kasi Ops KPP Balikpapan Octavianto.

4 dari 5 halaman

Ibu Korban Pingsan

Di area kejadian juga tampak masyarakat berkerumun karena penasaran ingin melihat proses evakuasi. Tidak hanya itu, ibu korban yang melihat anaknya diangkat petugas dalam kondisi tak bernyawa langsung pingsan.

"Di lokasi cukup crowded dan ibu korban ketika mendapatkan melihat meninggal dunia sempat pingsan," sebutnya.

Saat dikonfirmasi, Kapolsek Balikpapan Timur Kompol Fx Hartanta menjelaskan, berdasarkan saksi di lokasi kejadian bahwa korban pada saat itu bermain di pinggir sungai. Diketahui, korban juga tidak bisa berenang.

"Ya memang lagi bermain di pinggir sungai, kan enggak bisa berenang," timpal Hartanta.

5 dari 5 halaman

Jenazah Dibawa ke Rumah Duka

Usai mendapatkan laporan adanya kejadian anak tenggelam pihaknya kemudian mendatangi lokasi kejadian.

Usai korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia kemudian dibawa ke rumah duka di mana sebelumnya dilakukan pemeriksaan medis terlebih dahulu. "Sudah dibawa ke rumah keluarga sudah. Ya saya mengimbau jangan main di pinggir sungai kalau tidak bisa berenang tapi namanya anak-anak ya, orangtua juga harus mengawasi," dia memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.