Sukses

Kicauan Mahasiswa UNNES di @unnesmenfess, Soal Uang Kuliah Sampai Tempat Menangis

Media sosial menjadi kanal komunikasi alternatif. Banyak mahasiswa UNNES memanfaatkan akun Twitter @unnesmenfess.

Liputan6.com, Jakarta - Arus informasi dan komunikasi dewasa ini kian dinamis seiring perkembangan teknologi informasi. Internet dan media sosial memicu disrupsi pola komunikasi konvensional.

Salah satu platform media sosial populer adalah Twitter. Platform berlogo burung dengan latar biru tersebut memiliki banyak pengguna. Kegiatan posting konten di Twitter populer disebut nge-tweet atau berkicau.

Twitter  bukan hanya menjadi wadah antara dua orang untuk saling berkomunikasi, juga jadi tempat bercengkerama untuk banyak pengguna. Saat ini muncul akun-akun Twitter yang dinamakan bot menfess, yaitu sebuah akun yang menjadi penyalur bagi beberapa pengguna untuk bertanya informasi atau hanya sekadar bercerita pada suatu kelompok tertentu.

Salah satu bot menfess yang memiliki banyak pengikut adalah @unnesmenfess. Akun ini seakan menjadi bantuan bagi mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang ingin menyalurkan pertanyaan atau keluhan, dan disebarkan melalui akun @unnesmenfess secara anonim.

Akun @unnesmenfess sangat membantu para mahasiswa yang ingin bertanya mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan kampus Unnes. Mahasiswa bisa bertanya mengenai pembayaran uang kuliah tunggal (UKT), administrasi kampus, atau bahkan sekadar bertanya tempat makan paling favorit di Unnes, yang nantinya akan dibalas oleh beberapa pengguna lainnya.

“-ness apakah besok terakhir bayar ukt? Ada perpanjangan lagi ga ya seperti semester-semester lalu? tia,” tulis salah satu pengguna mengenai pertanyaan seputar UKT.

Selain menjadi wadah untuk informasi mengenai urusan kampus, @unnesmenfess juga dapat digunakan untuk bertanya tentang informasi-informasi lain, bahkan kadang soal-soal receh. Contohnya adalah menfess yang menanyakan tentang tempat menangis di Unnes yang bisa digunakan oleh mahasiswa.

“-nes tempat nangis di unnes biar bisa nangis kejer selain di kamar kos di mana ya? Nyesek banget pengin bisa plong tapi gamau ada orang yang denger,” tulis seseorangsecara anonim melalui bot menfess @unnesmenfess.

Akun bot menfess @unnesmenfess menjadi kanal alternatif bagi para mahasiswa yang tidak bisa bertanya langsung kepada pihak kampus. Banyaknya pengguna dan jangkauan tweet membuat informasi mudah didapatkan secara efektif.

Lebih dari 20 ribu pengikut @unnesmenfess ini menjadi keuntungan bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan jawaban atas pertanyaannya dengan cepat. Bot menfess menjadi alternatif ketika mahasiswa sedang kebingungan dan ingin mendapatkan informasi tanpa harus menunggu lama. Selamat berkicau. 

Annisah Nurrahmatillah, mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, peserta Program KMMI Digital UNNES dan Liputan6.com

Saksikan Video Pilihan Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.