Sukses

Evakuasi Menegangkan Puluhan Mahasiswa yang Terjebak di Gunung Amonggedo Konawe

Puluhan mahasiswa terjebak cuaca buruk usai melakukan pengibaran bendera memperingati HUT ke-76 RI di puncak Gunung Amonggedo.

Liputan6.com, Kendari - Tim SAR mengevakuasi 36 orang mahasiswa yang terjebak di Gunung Amonggedo di Desa Ulu Benua Kabupaten Konawe. Proses evakuasi digelar Rabu dini hari, (18/8/2021), sekitar pukul 01.20 Wita.

Puluhan mahasiswa itu, diketahui terjebak cuaca buruk usai melakukan pengibaran bendera memperingati HUT ke-76 RI di puncak Gunung Amonggedo. Mereka berangkat sejak Senin (16/8/2021) dan menginap semalam di puncak gunung.

Humas Kantor SAR Kendari, Wahyudi menyatakan awalnya proses evakuasi akan dilakukan Rabu (18/8/2021) pagi. Namun, saat tim survei mengamati lokasi, mereka menemukan mahasiswa sudah berada di pos kedua.

Alasan akan mengevakuasi pagi, karena lokasi jalur sukar dilalui karena licin akibat hujan deras di Gunung Amonggedo Konawe. Selain itu, ada tiga sungai yang mesti dilewati tim ketika mereka akan sampai di lokasi puncak tempat mahasiswa terjebak.

"Ada tiga sungai yang mesti mereka lewati supaya sampai di perkampungan. Nah, kami temukan mereka di sungai kedua," ujar Wahyudi.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pencarian Ditutup

Wahyudi juga menjelaskan, beberapa mahasiswa sudah dalam keadaan kedinginan dan lemas saat ditemukan. Selain itu, mereka juga sudah kehabisan logistik dan memaksa turun meskipun cuaca sedang tidak bagus.

"Saat ditemukan di aliran sungai kedua, arus sudah memungkinkan untuk diseberangi, sehingga kami menggunakan tali membantu mereka menyeberang," tambahnya,

Sekitar pukul 03.00 Wita lebih setelahnya, seluruh korban yang berjumlah 36 orang berhasil dievakuasi. Mereka tiba dengan selamat di posko bendungan Ulu Benua Konawe. Dengan demikian, pencarian korban terjebak di Gunung Amonggedo Konawe dinyatakan ditutup.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.