Sukses

Gubernur dan Wagub Sumbar Kompak Beli Mobil Dinas Baru Rp2 Miliar di Tengah Badai Pandemi

Gubernur dan wagub Sumbar kompakan membeli mobil dinas baru saat pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Padang - Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat kompak membeli mobil dinas baru di tengah badai pandemi yang sedang melanda penjuru negeri, tak terkecuali di provinsi ini.

Mobil yang baru dibeli itu yakni Mitsubishi Pajero untuk gubernur dan Hyundai Palisade untuk wagub. Total anggaran yang dihabiskan mencapai Rp2 miliar.

Terkait pembelian mobil baru itu, Gubernur Sumbar Mahyeldi mengatakan alasannya karena mobil yang sebelumnya rusak dan tak layak lagi dipakai.

"Mobilnya rusak, rem blong, tak mungkin itu dipakai," katanya, Senin (16/8/2021).

Mahyeldi menyebut, penganggaran untuk mobil dinas ini sudah masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sumbar 2021.

Sementara Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy menyampaikan pembelian mobil ini tidak ada maksud apa-apa, tetapi karena sudah dianggarkan.

"Mobil dinas wagub itu tidak ada, sejak dilantik saya pakai mobil prbadi," ujar Audy.

Wagub mengatakan, pembelian mobil ini juga di bawah pagu anggaran yang ada, total anggaran untuk mobil dinas senilai Rp3 miliar, tetapi dipakai Rp2 miliar.

Soal membeli mobil dinas pada masa pandemi, Audy menjelaskan hal itu tidak mengganggu penanganan Covid-19 karena refocusing anggaran sudah dilakukan.

"Penanganan berjalan dengan baik, tidak terganggu oleh pembelian mobil dinas," sebutnya.

Hal ini kemudian juga mendapat sorotan dari Anggota DPRD Sumbar, Nofrizon. Ia menyayangkan pembelian mobil dinas baru tersebut di tengah kondisi pandemi seperti saat ini.

"Jika karena mobil rusak, kan bisa diperbaiki," ucapnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.