Sukses

Ajaib, Warga Bonebol Sembuh dari Penyakit Usai Divaksin Covid-19

Liputan6.com, Gorontalo - Ahmad Mokambu mengaku cukup kaget. Tangan kanannya yang sebelumnya sulit digerakkan, tiba-tiba kembali bisa bergerak.

Bahkan, rasa sakit yang dideritanya itu hilang seketika. Hal itu dirasakan setelah Ahmad usai mengikuti program vaksinasi yang lagi gencar dilakukan oleh Pemerintah.

"Setelah saya mengikuti vaksin, saya kaget tangan kanan sebelumnya sakit dan tidak bisa digerakan, langsung bisa digerakkan," kata Ahmad Mokambu warga Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) kepada Liputan6.com.

Lelaki berumur 58 tahun ini menuturkan, bahwa sebelumnya tangan kanan miliknya tidak bisa digerakkan, bahkan bila dipaksa untuk bergerak, maka akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.

“Mengenakan pakaian saja saya harus dibantu oleh istri atau anak saya,” katanya.

Ahmad bercerita, tangan kanannya menjadi sakit dan sulit untuk digerakkan akibat memarut singkong hingga larut malam. Singkong tersebut kemudian menjadi bahan baku kue yang kemudian dijualnya untuk memenuhi kebutuhan hidup.

"Memarut singkong itu yang paling sering saya lakukan, apalagi sampai tengah malam, jadi tangan saya sakit dan sulit digerakkan," jelasnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Bisa Bernafas Lega

Ia baru bisa bernapas lega ketika tangannya bisa digerakkan lagi, usai melakukan vaksinasi di Puskesmas terdekat.

"Saya mendapatkan undangan dari desa untuk mengikuti vaksin, jadi saya langsung datang ke Puskesmas. Akhirnya, tangan saya yang sakit itu bisa bergerak lagi dan rasa sakit itu hilang," ungkapnya.

"Ini seperti keajaiban, tangan saya bisa sembuh kembali. Hanya selang waktu 30 menit usai mengikuti vaksin," tuturnya.

Padahal, kata Ahmad, dirinya sudah memasuki usia lanjut. Tekanan darahnya mencapai 200. Alih-alih bisa menimbulkan efek yang buruk, dirinya malah merasakan keajaiban. Tangannya yang sudah tidak bisa digunakan untuk memarut singkong, akhirnya bisa berfungsi lagi. 

"Hanya dengan tangan ini, saya bisa menafkahi keluarga saya. Jadi saya sangat bersyukur dengan adanya vaksin ini dapat menyembuhkan tangan saya," tuturnya.

Sejak saat itu, dirinya mensosialisasikan vaksin tersebut kepada masyarakat. Ia meminta masyarakat dapat mengikuti vaksin tersebut agar dapat menekan penyebaran virus corona

"Vaksin ini sangat baik, contohnya saya. Tangan saya yang awalnya sangat sakit dan sudah sulit di gunakan, bisa berfungsi kembali saya mengikuti vaksin ini," ia menandaskan.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini: