Sukses

Jaring Startup Muda Pertamina Gelar Kompetisi untuk Mahasiswa

Liputan6.com, Denpasar - PT Pertamina (persero) menggelar ajang Kompetisi Ide Bisnis menjaring startup-starup muda 'Pertamuda atau Pertamina Muda-Seed & Scale'.  Tercatat sebanyak 1.400 mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi (PT) mulai Aceh hingga Papua mendaftar sebagai peserta.

“Ini menunjukkan minat yang tinggi dari mahasiswa untuk membangun startup bisnis, dan kami meyakini akan terus bertambah karena pendaftaran masih terbuka hingga tanggal 23 Juli 2021,” kata Fajriyah Usman, Pjs Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations PT Pertamina (Persero), Minggu (18/7/2021).

Fajriyah menyebut kegiatan perdana Pertamuda Seed and Scale 2021 bertajuk 'Menebar Energi Membangun Negeri' adalah salah satu bentuk komitmen Pertamina mendukung perkembangan startup di Indonesia.

"Sinergi Pertamina dengan Perguruan Tinggi selama ini telah dilakukan secara terus-menerus, baik lewat kontribusi dalam pelaksanaan program pendidikan," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Workshop Gratis untuk Mahasiswa

Menurutnya, tahun 2021 ini Pertamina kembali hadir ditengah-tengah civitas akademika perguruan tinggi di Indonesia dengan membawa warna yang berbeda. Bukan hanya meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang industri di sektor energi, ataupun memotivasi generasi muda.

Rangkaian kegiatan dimulai pada tanggal 17 Juni lalu dibuka oleh Dirut PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati. Dilanjutkan dengan 4 seri workshop gratis yang terbuka untuk mahasiswa dan startup bisnis di Indonesia.

Nantinya, setelah pendaftaran di tutup tanggal 23 Juli 2021 maka seluruh data peserta yang masuk akan melalui proses filtering administrasi dan dilanjutkan proses kurasi. 50 peserta yang lolos kurasi akan diumumkan pada tanggal 2 Agustus 2021 untuk bersiap mengikuti Demoday di Bali pada Agustus 2021.

Demoday Pertamuda 2021 berisi agenda mentoring/pitching session dan penjurian untuk menyeleksi 25 besar peserta, dan kemudian menentukan 3 pemenang Pertamuda 2021 yang mendapatkan dana permodalan awal senilai Rp. 100 juta per orang.

Sementara itu, 50 peserta akan dilakukan monitoring selama 10 bulan untuk memantau perkembangan gagasan bisnisnya. Khusus pada 3 pemenang yang juga akan dilakukan visitasi menjelang akhir monitoring.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.